DKUKMPP Lamandau sebut pentingnya metrologi bagi masyarakat

id Pemkab lamandau, nanga bulik, lamandau, kalteng, uutp, ukur, tera, metrologi

DKUKMPP Lamandau sebut pentingnya metrologi bagi masyarakat

Foto Dokumentasi - Kegiatan tera ulang di Lamandau beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-DKUKMPP Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Lamandau, Kalimantan Tengah menyampaikan, kegiatan metrologi bertujuan melindungi konsumen terhadap alat ukur, takar, timbang serta perlengkapannya (UTTP).

"Keberadaan metrologi sangat penting dalam melindungi kepentingan umum, karena masyarakat memerlukan jaminan dalam kebenaran pengukuran," kata Kepala DKUKMPP Lamandau Penyang di Nanga Bulik, Senin.

Selain itu keberadaan metrologi juga agar adanya ketertiban dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukuran, standar satuan, metode pengukuran dan alat-alat UTTP.

"Kegiatan kemetrologian juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat," terangnya.

Sedangkan bagi pemerintah daerah dapat menambah PAD dari pelayanan yang diberikan sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Semua itu ia sampaikan di sela sosialisasi kemetrologian dan peraturan daerah nomor tiga tahun 2021 tentang retribusi pelayanan tera atau tera ulang di Lamandau.

"Kegiatan ini untuk memperkenalkan kemetrologian kepada masyarakat agar dapat berkontribusi terhadap pembangunan," ucapnya.

Selain itu bertujuan agar konsumen serta wajib tera diberikan keyakinan memadai seputar alat UTTP yang digunakan oleh para pemilik UTTP tersebut.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021