Kajati Kalteng siap laksanakan hasil raker Kejaksaan se-Indonesia

id Kejaksaan Kalimantan Tengah, Iman Wijaya, Kejati Kalimantan Tengah, Kalimantan Tengah, Kajati Kalimantan Tengah, Kalteng, Kasi Penkum Kejati Kalteng

Kajati Kalteng siap laksanakan hasil raker Kejaksaan se-Indonesia

Pembukaan raker Kejaksaan RI yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (7/12/2021). ANTARA/HO-Penkum Kejati Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah Iman Wijaya bersama seluruh pejabat utama, mengikuti rapat kerja Kejaksaan Republik Indonesia tahun 2021 Kejaksaan Agung, yang dilaksanakan dari 7-9 Desember 2021 di Gedung Kartika.

Raker ini merupakan forum penting karena mengevaluasi pelaksanaan kinerja kejaksaan seluruh Indonesia sepanjang tahun, kata Kasi Penerangan dan Hukum (penkum) Kejati Kalteng Dodik Mahendra di Palangka Raya, Selasa.

"Dalam raker ini juga dihasilkan rekomendasi-rekomendasi strategis, untuk rencana pelaksanaan program dan kegiatan pada tahun berikutnya," tambah dia.

Dikatakan, dengan semangat perubahan, raker Kejaksaan Tahun 2021 sebagai forum rapat kerja yang akan menjadi persiapan (transisi), untuk pelaksanaan siklus baru rapat-rapat pengambilan kebijakan institusi kejaksaan.

Dodik mengatakan raker dapat juga menjadi ajang menggali sedalam-dalamnya berbagai potensi pengembangan lembaga, dengan mengikutsertakan seluruh satuan kerja pusat dan daerah, termasuk menginisiasi kegiatan strategis yang bertitik tolak pada RPJMN Tahun 2020-2024 dan RKP setiap tahunnya.

"Raker dibuka langsung oleh Jaksa Agung dengan tema Kerja Cerdas, Profesional dan Berintegritas Menuju Indonesia Maju," tuturnya.

Dodik menyampaikan agenda raker diisi dengan pengarahan internal dari pimpinan Kejaksaan RI dan pihak eksternal. Rapat yang dilaksanakan terdiri rapat paripurna dan rapat komisi bidang yang terdiri delapan komisi.

Baca juga: Kejati Kalteng panggil enam pejabat Pemkab Bartim

Rapat-rapat komisi bidang meliputi bidang Pembinaan, Intelijen, Tindak Pidana Umum, Tindak Pidana Khusus, Perdata dan Tata Usaha Negara, Pengawasan, Pendidikan dan Pelatihan, serta Pidana Militer.

"Bidang Pidana Militer baru pertama kali ada dalam raker Kejaksaan setelah pembentukan Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer," ucap Dodik.

Pembukaan raker diikuti oleh Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia, para Jaksa Agung Muda dan Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI, para Staf Ahli Jaksa Agung, para Pejabat Eselon II dan III Kejaksaan Agung, para Kepala Kejaksaan Tinggi di seluruh Indonesia, para Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi.

Kemudian, para Asisten di Kejaksaan Tinggi, para Kepala Kejaksaan Negeri, Perwakilan Kejaksaan di Riyadh, Bangkok, Hongkong dan Singapura, serta para Jaksa yang dikaryakan di instansi lain.

Sedangkan yang mendampingi Kajati secara virtual di Aula Kejati Kalteng yakni Wakajati Siswanto, para Asisten, para Koordinator dan pejabat Eselon IV pada Kejati Kalteng.

Baca juga: Kajati Kalteng minta kejaksaan peduli dan bantu warga terdampak banjir