PISEW bantu tingkatkan perekonomian masyarakat

id Pemkab lamandau, bupati lamandau, hendra lesmana, nanga bulik, pisew, infrastruktur, kalteng, kalimantan tengah

PISEW bantu tingkatkan perekonomian masyarakat

Dokumentasi-Penyerahan bantuan mobil operasional oleh Bupati Lamandau Hendra Lesmana kepada Desa Kahingai Kecamatan Belantikan Raya, Kamis, (17/3/2022). (ANTARA/Ho-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah Hendra Lesmana mengatakan, Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) memiliki sasaran membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Sasaran lain dari PISEW, yakni meminimalisir urusan kebencanaan, hingga pemberdayaan masyarakat," katanya saat dihubungi di Nanga Bulik, Senin.

Program ini bertujuan menyediakan serta meningkatkan infrastruktur melalui pendekatan partisipasi masyarakat dalam skala kawasan, hingga pada akhirnya meningkatkan sosial ekonomi wilayah.

Untuk wilayah Lamandau, salah satu hasil dari pelaksanaan Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah tersebut adalah jalan penghubung antar desa di Kecamatan Belantikan Raya.

"Pembangunan jalan penghubung Desa Tangga Batu dan Desa Belibi Kecamatan Belantikan Raya, merupakan Program PISEW," jelasnya.

Jalan penghubung yang telah ia resmikan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal, serta memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas yang memerlukan mobilisasi ke masing-masing desa.

Lebih lanjut Hendra menyampaikan, kendati dengan segala keterbatasan anggaran yang dimiliki daerah, tetapi pemkab terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat melalui optimalisasi pembangunan pada berbagai sektor.

"Baik dari sisi kebutuhan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, serta lainnya," terang Hendra Lesmana.

Upaya pemkab dalam memenuhi kebutuhan pembangunan daerah tak hanya memanfaatkan anggaran yang mereka miliki, namun juga dari pemerintah pusat, serta dukungan dunia usaha.

Sebelumnya saat meresmikan jalan penghubung tersebut, dirinya sekaligus meresmikan gedung baru Kantor Kecamatan Belantikan Raya serta menyerahkan Bantuan mobil operasional.

"Diresmikannya kantor kecamatan tersebut diharapkan memotivasi ASN untuk meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat agar semakin baik lagi," jelasnya.