Pemkot Palangka Raya diminta terus tingkatkan kualitas pelayanan

id DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Noorkhalis Ridha, Kota Palangka Raya, Kalteng, tingkatkan pelayanan di Palangka Raya

Pemkot Palangka Raya diminta terus tingkatkan kualitas pelayanan

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Noorkhalis Ridha. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Noorkhalis Ridha mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah setempat, agar terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

"Di era digitalisasi ini, pelayanan masyarakat sudah cukup bagus dilakukan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hanya saja, perlu ditingkatkan kembali," katanya saat dihubungi ANTARA di Palangka Raya, Senin.

Dia menuturkan, adanya kendala melalui sistem digitalisasi tentunya bukan disengaja oleh OPD setempat, melainkan sistem tersebut bertopang kepada jaringan internet yang selama ini digunakan oleh setiap instansi.

Meski begitu, Anggota DPRD Palangka Raya itu mengharapkan masyarakat dapat memaklumi. Sebab, setiap sistem pelayanan tentunya instansi tidak mau bertele-tele menyediakan untuk masyarakat.

"Sistem pelayanan yang diberikan oleh OPD sebenarnya sudah bagus, hanya saja kualitasnya dan birokrasinya harus di pendek jangan terlalu panjang, sehingga masyarakat mudah dalam melakukan pengajuan izin serta lain sebagainya," kata Ridho.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Palangka Raya itu juga mengungkapkan, sistem pelayanan online yang berada di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palangka Raya sudah sangat bagus.

Bahkan semua pelayanan bisa diurus melalui kantor tersebut, sesuai dengan bidang administrasi apa saja yang hendak diurus ke DPMPTSP setempat.

"Anjungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) juga tersedia, kemudian mau mengurus izin reklame tinggal menggunakan sistem on-line atau dalam jaringan, sehingga semuanya mempermudah masyarakat ketika masyarakat hendak melengkapi persyaratan yang ingin didapatkan," beber Ridha.

Baca juga: DPRD ingatkan peran penting masyarakat jaga fungsi drainase

Ridho juga menyarankan, pemkot beserta OPD setempat diharapkan mau menerima kritikan dan masukan yang sifatnya membangun dari masyarakat.

Baik melalui media sosial atau surat terbuka dari masyarakat, sehingga dengan adanya kritikan membangun tentunya kualitas pelayanan akan terus berkembang dengan baik.

"Kritik membangun itu bertujuan untuk memperbaiki apa yang kurang di mata masyarakat atas pelayanan yang diberikan. Jangan sampai ada instansi alergi dikritik sehingga kedepannya dapat membahayakan instansi itu sendiri," demikian Ridho.

Baca juga: Legislator sebut kebijakan pemerintah longgarkan pemakaian masker langkah tepat

Baca juga: Disdukcapil Palangka Raya diminta rutin lakukan jemput bola adminduk