Disdukcapil Palangka Raya diminta rutin lakukan jemput bola adminduk

id layanan jemput bola adminduk, jemput bola adminduk, Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rusdiansyah, DPRD Kota Palangka Raya, Palang

Disdukcapil Palangka Raya diminta rutin lakukan jemput bola adminduk

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Rusdiansyah. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rusdiansyah meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk rutin melaksanakan layanan jemput bola, terkait administrasi kependudukan (adminduk).

Program jemput bola itu berdampak besar terhadap warga yang belum memiliki adminduk, kata Rusdiansyah saat dihubungi ANTARA di Palangka Raya, Rabu.

"Warga pun merasa akan semakin terlayani, dan tentunya semua menjadi memiliki adminduk secara resmi," tambahnya.

Dia menuturkan, program pelayanan adminduk yang harus digencarkan yakni di kawasan kelurahan yang jaraknya berada di jauh dari perkotaan.

Dua kawasan setempat yakni Kecamatan Bukit Batu dan Kecamatan Rakumpit yang memiliki beberapa kelurahan. Bahkan letak dan geografis di kawasan itu ada yang harus menggunakan perahu kecil atau kelotok.

"Maka dari itu program layanan jemput bola adminduk ini sangatlah penting bagi mereka disana. Jangan sampai ada warga kita yang sudah puluhan tahun tinggal di Palangka Raya, malah mereka tidak memiliki adminduk resmi," ucapnya.

Rusdiansyah alias Uwah yang tergabung di Komisi A DPRD Kota Palangka Raya yang membidangi terkait pemerintahan itu, juga sering mendapatkan keluhan dari warga yang jauh dari perkotaan saat reses, bahwa pelayanan adminduk bisa masuk daerah pedalaman.

Sebab untuk mengurus adminduk selama ini, tentunya tidak cukup waktunya untuk dua hari. Kemudian mereka harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, karena tempat mereka tinggal jauh dari perkotaan.

Baca juga: Gencarkan sosialisasi BPJS Kesehatan tingkatkan kepesertaan pemuda

"Ya semoga saja apa yang disampaikan ini dapat didengar oleh instansi terkait. Bahkan nantinya apabila kami ada melakukan pertemuan dengan pihak Disdukcapil, tentunya hal ini akan kami sampaikan kembali dengan tujuan sekedar mengingatkan karena program ini sudah pernah mereka laksanakan," bebernya.

Sekedar diketahui, kini Disdukcapil Kota Palangka Raya juga sudah menyiapkan gerai pelayanan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk mempercepat proses pelayanan.

Terkait penggunaan ADM yang diletakkan di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Palangka Raya Jalan Yos Sudarso, bisa digunakan masyarakat apabila hendak berurusan terkait pencetakan kartu adminduk.

Baca juga: Warga Palangka Raya diminta waspada penyebaran penyakit Hepatitis Akut

Baca juga: Gelaran FBIM tingkatkan perekonomian di Palangka Raya