Porkab jadi ajang penjaringan atlet voli Kotim menghadapi Porprov

id Porkab jadi ajang penjaringan atlet voli Kotim menghadapi Porprov, kalteng, porkab kotim, porprov kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, andri ri

Porkab jadi ajang penjaringan atlet voli Kotim menghadapi Porprov

Pengurus KONI Kotawaringin Timur melakukan servis menandai dibukanya kompetisi bola voli pada Porkab Kotawaringin Timur 2022, Sabtu (28/5/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Kabupaten Kotawaringin Timur menjadi ajang penjaringan atlet bola voli terbaik yang akan dipersiapkan untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah di Sampit pada 2023 nanti. 

"Bola voli adalah salah satu cabang olahraga unggulan karena pernah meraih medali emas di Porprov. Harapan kita di Porprov 2023 nanti cabang bola voli ini bisa menambah medali lebih banyak dari yang pernah dicapai pada Porprov sebelumnya," kata Sekretaris KONI Kotawaringin Timur Andi Rizky Agustian di sela pembukaan kompetisi bola voli Porkab Kotawaringin Timur, Sabtu. 

Pertandingan dilaksanakan di gedung voli indoor di Jalan Tjilik Riwut depan Stadion 29 November Sampit. Lokasi ini juga akan menjadi venue bola voli saat Porprov 2023 nanti. 

Bola voli menjadi salah satu cabang yang dipertandingkan lebih awal sebelum Porkab dibuka secara resmi karena kompetisi bergulir cukup lama. Cabang lainnya yang dipertandingkan lebih awal adalah sepak bola dan futsal. 

Andri menegaskan pemerintah daerah dan KONI Kotawaringin Timur bertekad daerah ini bisa meraih sukses ganda yaitu sukses sebagai tuan rumah penyelenggara serta juara umum Porprov Kalteng 2023.

Untuk meraih juara umum, setiap cabang olahraga dipersiapkan secara matang dengan target bisa sapu bersih medali emas dari seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan. 

Baca juga: Legislator Kotim dukung seleksi ulang tenaga kontrak demi efektivitas

Pembinaan dipercayakan sepenuhnya kepada pengurus cabang olahraga masing-masing. KONI Kotawaringin Timur bersama pemerintah kabupaten memaksimalkan fasilitas penunjang untuk mendukung persiapan masing-masing cabang olahraga. 

"Kami sangat mendukung pembinaan setiap cabang olahraga agar mau meraih prestasi tertinggi. Masyarakat juga cukup antusias menyaksikan pertandingan. Ini juga menjadi harapan kita agar pemulihan di tengah pandemi COVID-19 tidak hanya aktivitas perekonomian, tetapi juga olahraga diharapkan menggeliat," ujar Andri. 

Sementara itu Ketua Panitia Kompetisi Bola Voli, Ribut Aris menyebutkan, tim yang bertanding terdiri dari 12 tim putra dan 7 tim putri. Tim putra dibagi empat pool dan putri dibagi 2 pool dengan sistem setengah kompetisi di babak penyisihan. Untuk delapan besar diambil juara dan runner-up tiap pool. 

Pertandingan perdana mempertemukan tim voli putra dari Kecamatan Baamang melawan Kota Besi. Total ada 31 pertandingan yang akan digelar siang dan malam mulai 28 Mei sampai 5 Juni 2022.

"Ini juga ajang penjaringan atlet untuk persiapan menghadapi Porprov 2023. Kami yakin masih banyak kecamatan-kecamatan yang memiliki atlet voli berbakat untuk dimasukkan dalam tim bola voli Kotim," demikian Ribut Aris. 

Baca juga: Dikunjungi legislator, korban banjir di Kotim keluhkan gatal-gatal

Baca juga: Legislator Kotim berharap pembangunan SPBN kembali diperjuangkan bantu nelayan

Baca juga: Tempat usaha di Kotim diwajibkan fasilitasi pemasaran produk unggulan daerah