Polda Kalteng amankan enam pelajar diduga terlibat tawuran

id Polda Kalteng,Tawuran,Palangka Raya,Kalteng,Polisi,Pelajar,Polda Kalteng amankan enam pelajar diduga terlibat tawuran,Sanaman Mantikei

Polda Kalteng amankan enam pelajar diduga terlibat tawuran

Anggota Dit Samapta Polda Kalteng mengamankan enam pelajar yang diduga terlibat aksi tawuran di area pameran di Jalan Temanggung Tilung, Senin (6/6/2022). ANTARA/Humas Polda Kalteng

"Karena kami tidak akan segan-segan menindak para pelaku tawuran yang sering meresahkan masyarakat, terutama di wilayah hukum Polda Kalteng,"
Palangka Raya (ANTARA) - Direktorat Samapta Polda kalimantan Tengah mengamankan enam orang pelajar, karena diduga terlibat aksi tawuran di sekitar area pameran Jalan Temanggung Tilung, Kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya. 

Ipda Budi Hartono selaku Danton Dit Samapta Polda Kalteng, Senin, mengatakan, sebelumnya Dit Samapta Polda setempat menerima laporan dari masyarakat bahwa ada aksi tawuran antar pelajar. 

"Ketika kami tiba di lokasi, anggota langsung membubarkan serta mengamankan enam orang pelajar yang diduga terlibat tawuran tanpa perlawanan," kata Budi Hartono.

Dia mengatakan, enam pelajar yang diamankan itu merupakan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) yang berada di salah satu Kota Palangka Raya. 

Usai diamankan, personel yang menggunakan ke lokasi menggunakan kendaraan lengkap langsung menggelandang sejumlah pelajar tersebut ke Dit Samapta Polda Kalteng. 

"Dibawa ke kantor Dit Samapta Polda Kalteng bertujuan untuk dilakukan pemeriksaan, memanggil pihak sekolah yang terlibat tawuran dan memanggil orang tua pelajar tersebut," ungkapnya. 

Untuk mengantisipasi terjadinya hal serupa, Dit Samapta Polda Kalteng juga akan gencar melakukan patroli di area kawasan pameran tersebut. 

Bahkan tempat-tempat yang diduga sering dijadikan tempat oknum pelajar yang membolos sekolah dan berkumpul di lokasi tersebut, melakukan hal-hal negatif. 

"Upaya pencegahan akan terus kami lakukan, dengan sering melaksanakan patroli di kawasan-kawasan rawan kriminal serta aksi tawuran antar pelajar," bebernya. 

Budi Hartono juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah setempat untuk lebih aktif dalam memberikan informasi terkait adanya tawuran baik antar pelajar. 

"Karena kami tidak akan segan-segan menindak para pelaku tawuran yang sering meresahkan masyarakat, terutama di wilayah hukum Polda Kalteng," demikian Budi Hartono.

Sebelumnya pada pertengah Januari 2022 perkelahian antar pelajar di halaman Lapangan Sanaman Mantikei, Jalan Wahidin Sudirohusodo juga terjadi. 

Namun perkelahian tersebut juga sudah ditangani oleh anggota Polsek Pahandut Palangka Raya. Para pelajar yang terlibat perkelahian, juga sudah didamaikan setelah kedua orang tua mereka dan pihak sekolah dihadirkan dalam perdamaian tersebut, agar tidak terulangnya perkara tersebut dikemudian hari.