Sejumlah atlet bulutangkis diduga keracunan makanan di hotel

id indonesia masters 2022,broto happy,pp pbsi,indonesia open 2022,keracunan makanan,Sejumlah atlet bulutangkis diduga keracunan makanan di hotel,atlet ke

Sejumlah atlet bulutangkis diduga keracunan makanan di hotel

Suasana babak kualifikasi Daihatsu Indonesia Master 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (7/6/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja.

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menuturkan saat ini tengah melakukan investigasi terhadap kabar keracunan makanan yang dialami sejumlah peserta turnamen seri Indonesia di hotel tempat menginap.

Pada Jumat pagi, PBSI menerima kabar bahwa sejumlah pebulu tangkis diduga mengalami keracunan makanan setelah sarapan dan mengunggahnya di platform media sosial tanpa terlebih dulu melaporkan kejadian ini pada panitia resmi.

"Kami ingin meluruskan, atlet ditampung pada dua hotel yaitu Century dan Fairmont. Asupan makanan, terutama sarapan dipasok hotel. Menyangkut kabar keracunan, kami sedang koordinasi dengan pihak hotel untuk mencari tahu atlet makan apa, di mana," kata Kabid Humas dan Media PP PBSI Broto Happy di Jakarta, Jumat.

Berdasarkan penjelasannya, panitia lewat katering hotel hanya menyiapkan sarapan sementara untuk makan siang dan malam dikembalikan ke pihak peserta agar bisa bebas memilih makanan yang diinginkan.

Kabar keracunan ini dialami setidaknya lima atlet dari Malaysia dan sejumlah kecil peserta dari negara lain yang tidak disebutkan secara rinci.

"Laporan sementara hanya datang dari yang menginap di Century. Seharusnya ketika ada kasus lapor ke kami dulu, tapi dari pihak Malaysia pun belum menyampaikan masalahnya ke kami. Kami tahu ada kabar ini dari sosmed," tutur Broto.

Hingga berita ini diturunkan, PBSI mengaku belum menerima laporan resmi dari pihak hotel maupun manajer tim yang anggotanya mengalami keluhan medis.

PBSI pun menyayangkan sikap peserta yang tidak secara resmi membuat laporan ke panitia dan justru mengunggah pernyataan yang belum bisa dipastikan kebenarannya lewat jaringan media sosial.

Sebagai respon, PBSI telah mengirim atlet-atlet tersebut untuk diperika ke rumah sakit netral, yaitu fasilitas kesehatan yang tidak bekerja sama dengan PBSI maupun pihak hotel.

"Tujuannya agar diketahui penyebab secara obyektif, mereka diperiksa di Rumah Sakit Medistra. Kami ingin atlet tetap fokus bertanding dan bisa meredam kabar miring ini sembari menunggu hasil pemeriksaan oleh panitia," kata Broto.

Meski belum bisa dipastikan sumber masalah medis yang dialami, namun panitia langsung membuat tindakan pencegahan dengan meminta kedua hotel memisahkan lokasi makan antara delegasi turnamen dan pengunjung reguler.


Selanjutnya, sebanyak enam wakil Indonesia memastikan tempat perempat final Indonesia Masters 2022 setelah memetik kemenangan pada babak kedua di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis.

Ganda putra masih menjadi sektor andalan dengan mengirimkan dua wakil untuk delapan besar, Jumat.

Ganda putra unggulan kelima Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memastikan tiket delapan besar setelah memenangi pertandingan melawan rekan senegera Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche dengan 16-21, 21-17, 21-13.

Kemenangan itu diikuti sukses unggulan teratas yang juga juara Indonesia Masters edisi 2020 Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang menang secara dramatis atas wakil Thailand Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren dalam kedudukan 21-14, 8-21, 21-18.

Sementara itu, langkah unggulan kedua Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan terhenti di tangan pasangan Korea Selatan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae setelah kalah 19-21, 21-18, 19-21 dalam pertarungan ketat tiga gim selama satu jam.

Satu-satunya wakil sektor tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung juga belum mampu melangkah lebih jauh dalam turnamen level Super 500 itu setelah dikalahkan unggulan keempat dari India Pusarla V. Sindhu.