MES Barsel diminta tingkatkan edukasi ekonomi syariah

id Pemkab barsel, mes barsel, penjabat bupati barsel, lisda arriyana, ketua wilayah mes kalteng, fahrizal fitri, masyarakat ekonomi syariah, kalteng, kal

MES Barsel diminta tingkatkan edukasi ekonomi syariah

Penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana bersama dengan Ketua Wilayah MES Kalteng, Fahrizal Fitri dan pengurus MES kabupaten setempat di Buntok, Kamis, (23/6). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

...diharapkan MES Barito Selatan dapat memberikan edukasi, tentang ekonomi syariah pada masyarakat dan pelaku usaha...
Buntok (ANTARA) -
Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah Lisda Arriyana mengharapkan pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) berperan aktif membantu masyarakat, termasuk di masa pandemi COVID-19.
 
"Bantuan tersebut difokuskan pada orang yang terdampak melalui skema filantropi ekonomi Islam ataupun bantuan modal untuk sektor UMKM," katanya saat menghadiri pelantikan pengurus MES Barito Selatan di Buntok, Kamis.
 
Ia juga meminta pengurus MES Barito Selatan bekerja sama dengan mitra kerja supaya program yang dilaksanakan dapat berkembang dengan baik dan berkontribusi nyata terhadap pembangunan di kabupaten setempat.
 
"Pengembangan ekonomi syariah ini juga memiliki keterkaitan dan selaras dengan visi misi Barito Selatan," ucap Lisda Arriyana.
 
Sebab menurut dia, pembangunan masyarakat yang religius, tidak hanya berimplikasi pada pembangunan moral saja, akan tetapi juga pada pembangunan ekonomi berkeadilan sesuai tuntunan agama.

Baca juga: Pj Bupati Barsel tegaskan pemkab komit terus berupaya berdayakan UMKM
 
Kedepan diharapkan MES Barito Selatan dapat memberikan edukasi, tentang ekonomi syariah pada masyarakat dan pelaku usaha di daerah ini.
 
Lisda juga mengimbau pihak terkait turut serta memberikan dukungan kepada MES dan menjalin sinergi antara MES dengan pemerintah kabupaten dengan baik, sehingga MES menjadi pendorong pembangunan fisik dan Sumber Daya Manusia di Barito Selatan.
 
Dengan dibentuknya pengurus MES ini, dirinya optimis dapat membumikan ekonomi syariah serta meningkatkan sinergi dengan semua pemangku kepentingan ekonomi syariah.
 
"Hal itu dalam rangka memberikan peran dan penguatan terhadap tumbuh kembang industri syariah, baik yang bergerak dalam lembaga keuangan syariah, perbankan syariah, asuransi syariah, pasar modal syariah, wisata syariah, rumah sakit syariah, dan industri halal lainnya," terangnya.

Baca juga: Legislator Barsel dorong pemkab pacu promosi sektor budpar
 
Sementara itu Ketua Wilayah MES Kalteng, Fahrizal Fitri menyampaikan, sebagaimana diketahui Masyarakat Ekonomi Syariah merupakan organisasi independen.
 
"Keberadaan MES diharapkan mampu menjadi mitra pemerintah dalam mengembangkan dan mempercepat 
penerapan ekonomi Syariah di berbagai bidang," ucapnya.
 
Ia mengatakan, kepengurusan daerah MES Barito Selatan periode 1443-1446 Hijriah ini merupakan kepengurusan yang pertama hasil pembentukan baru, merupakan langkah awal yang baik dalam mengembangkan ekonomi syariah.
 
"Saya mengharapkan komitmen yang kuat dari seluruh jajaran pengurus terpilih dan yang dilantik pada hari ini untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah, sehingga keberadaan MES dapat dirasakan masyarakat serta bisa memajukan usaha maupun perekonomian masyarakat kabupaten," terangnya.
 
Adapun kepengurusan MES Barito Selatan periode 1443-1446 H/2022-2025 yang dilantik Fahrizal Fitri tersebut diketuai Arbaja yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Barito Selatan.

Baca juga: Komisi I DPRD Barsel minta SOPD maksimalkan capaian program kerja

Baca juga: BPBD Barsel salurkan 1.597 paket sembako nonberas kepada korban banjir

Baca juga: Komisi I DPRD Barsel minta pemkab lebih optimalkan pencapaian PAD