DPRD Bartim sambut baik penambahan penyertaan modal pada Bank Kalteng

id Dprd bartim, ketua dprd bartim nursulistio, penyertaan modal bank kalteng, pad bartim, tamiang layang, bartim, kalteng

DPRD Bartim sambut baik penambahan penyertaan modal pada Bank Kalteng

Ketua DPRD Barito Timur, Nursulistio. (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) -
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Barito Timur, Kalimantan Tengah, Nursulistio menyambut baik penambahan penyertaan modal dari pemerintah setempat kepada PT Bank Kalteng.
 
“Semakin besar penyertaan modal maka semakin besar Pendapatan Asli Daerah yang didapatkan,” kata Ketua DPRD Bartim di Tamiang Layang, Senin.
 
Menurutnya, PAD dari hasil penyertaan modal pada Bank Kalteng tahun 2021 berkisar Rp14 miliar. Dengan adanya penambahan modal lagi maka ada kemungkinan besar PAD akan bisa meningkat.
 
Politisi Partai Golongan Karya itu menilai, PT Bank Kalteng merupakan perbankan milik daerah dengan status Badan Usaha Milik Daerah Pemprov Kalteng, memiliki peranan sangat penting dan strategis dalam menunjang pelaksanaan otonomi dan perekonomian.
 
Pengoptimalan penyertaan modal pada Bank Kalteng akan banyak manfaat yang dirasakan terutama dalam memperkuat perekonomian masyarakat.
 
Pemerintah Kabupaten Barito Timur mengajukan rancangan peraturan daerah tentang penyertaan modal pada Bank Kalteng. Secara kelembagaan DPRD Barito Timur menyepakati pengajuan dari pemerintah daerah.
 
“Hari ini tujuh pendukung fraksi DPRD Barito Timur sudah menyampaikan pemandangan umum atas raperda yang diajukan tersebut,” kata Nursulistio.

Baca juga: Kontingen Bartim raih 30 medali di Popprov Kalteng 2022
 
Meski demikian, kata Nursulistio, DPRD Barito Timur juga mengharapkan adanya andil lain dari Bank Kalteng seperti pemberdayaan anak muda di bidang olahraga bahkan hingga pelatihan keterampilan dalam peningkatan sumber daya manusia dalam meningkatkan usaha mikro, kecil dan menengah dan penyiapan sumber daya manusia dalam upaya meningkatkan penyerapan tenaga kerja lokal.
 
Nursulistio juga mengapresiasi kebijakan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang membuka peluang investasi pada Bank Kalteng, yang memiliki banyak manfaat bagi pembangunan daerah.
 
“Gubernur telah membuka peluang dan ini kesempatan yang baik untuk berinvestasi sekaligus mengembangkan Bank Kalteng dan kita daerah mendapatkan manfaatnya,” demikian Nursulistio.

Baca juga: Bupati: Sinergitas pemkab dan kepolisian harus terus terjaga di Bartim

Baca juga: Pencapaian PAD 40,77 persen, Bupati Bartim optimis mampu penuhi target 2022

Baca juga: PMI Bartim diharapkan tingkatkan pelibatan masyarakat