Bupati Bartim: ASN wajib mengerti visi dan misi daerah

id Pemkab bartim, bupati bartim ampera ay mebas, asn bartim, visi misi bartim, tamiang layang, barito timur, kalteng

Bupati Bartim: ASN wajib mengerti visi dan misi daerah

Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas. (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) -
Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas menegaskan, Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup pemerintah kabupaten setempat harus mengetahui serta mengerti visi dan misi daerah.


 


“Agar semua ASN mengerti tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan OPD, jabatan serta menyukseskannya,” kata Ampera di Tamiang Layang, Senin.


 


Hal ini dimaksudkan agar setiap ASN terutama para pejabat eselon mengetahui kemana arah tujuan dari target yang diberikan untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Barito Timur 2018-2023.


 


Visi misi pemerintah kabupaten yaitu terwujudnya Barito Timur sehat, cerdas dan sejahtera melalui pemerintahan yang amanah, serta diuraikan dalam lima misi daerah yang mengutamakan pada ekonomi kerakyatan, fasilitas kesehatan dan pendidikan, pembangunan infrastruktur, pembinaan umat beragama, adat dan budaya, meningkatkan pemerintahan yang baik, efektif, efisien, transparan dan bertanggung jawab.


 


“Jadi tidak ada lagi ASN yang tidak mengerti tentang tugas pokok dan fungsi dalam menyukseskan visi misi daerah,” tegas Ampera.


 


Dicontohkan Ampera, ASN pada instansi yang membidangi teknis pertanian secara luas perlu membuat inovasi yang berkaitan ekonomi kerakyatan khususnya di bidang pertanian, perkebunan, perikanan hingga peternakan.


 


Lanjut dia, maka ASN itu perlu membuat perencanaan berkaitan program pertanian yang bermuara pada ekonomi kerakyatan, dalam meningkatkan komoditas pertanian yang bisa menyejahterakan petani.


 


Program ekonomi kerakyatan pada sektor pertanian juga bisa dikembangan atau berkolaborasi dengan sektor perdagangan dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), untuk menjadikan masyarakat sebagai pelaku usaha.


 


Sektor kesehatan dan perizinan juga diharapkan menopang program ekonomi kerakyatan seperti memastikan kesehatan dan proses perizinan para pelaku usaha. Sedangkan sektor perdagangan bisa mempromosikan bahkan menjual hasil produk yang dihasilkan pelaku usaha.


 


“Jadi setiap OPD itu ada visi dan misinya yang berinduk pada visi dan misi daerah. Karena itu semua ASN pada perangkat daerah hendaknya saling menopang dan berkesinambungan dalam membuat program dengan visi misi daerah,” demikian Ampera AY Mebas.