Warga diminta tingkatkan kewaspadaan terhadap ancaman penyakit saat musim pancaroba

id Pancaroba,Kalteng,Palangka raya,DPRD Palangka Raya,ISPA,DBD,Warga diminta tingkatkan kewaspadaan terhadap ancaman penyakit saat musim pancaroba

Warga diminta tingkatkan kewaspadaan terhadap ancaman penyakit saat musim pancaroba

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit Widodo. ANTARA/Adi Wibowo   

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit Widodo meminta kepada seluruh masyarakat di daerah itu, untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman penyakit saat musim pancaroba.

"Musim pancaroba seperti ini tidak ada salahnya kita meningkatkan kebugaran tubuh, agar terhindar dari serangan penyakit yang biasanya muncul pada saat musim tersebut," katanya di Palangka Raya, Senin.

Menurut dia, beberapa penyakit yang sering muncul yaitu flu, pilek diare disentri, demam, infeksi saluran pernapasan (ISPA), malaria dan demam berdarah dengue (DBD).

Maka dari itu, untuk mengantisipasi penyakit tersebut agar tidak menyerang warga biasakan pola hidup sehat. Kemudian membersihkan lingkungan baik itu selokan rumah, sampah yang berserakan atau bertumpuk di kompleks pemukiman serta lain sebagainya.

"Selain membiasakan pola hidup sehat, masyarakat juga diminta untuk perbanyak berolahraga dalam satu minggu dua kali agar kekebalan tubuhnya tetap stabil dan tidak mudah diserang penyakit," katanya.

Politisi yang tergabung di Komisi C membidangi kesejahteraan masyarakat itu juga mengingatkan kepada para orang tua, agar memperhatikan kesehatan anak-anaknya.

Sebab anak-anak di bawah umur 10 tahun sangat rentan terserang penyakit yang saat ini banyak dialami masyarakat seperti flu, pilek, demam, batuk berdahak dan ISPA.

"Konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin tentunya sangat penting, untuk menjaga kebugaran tubuh. selain itu biasakan menjaga kebersihan kompleks agar tidak memunculkan sumber penyakit dari sampah serta limbah rumah tangga lainnya," ungkap Politisi PDIP Kota Palangka Raya itu.

Dari pemantauan  di lapangan, saat ini banyak masyarakat yang terserang ISPA, batuk dan pilek. Kuat dugaan penyakit yang dialami masyarakat tersebut karena musim pancaroba yang melanda 'Kota Cantik' julukan Palangka Raya.

Bahkan hampir setiap hari di sejumlah puskesmas yang ada di daerah itu, keluhan masyarakat yakni mengalami penyakit ISPA, batuk dan demam yang diduga perubahan cuaca yang cukup cepat dari suhu panas ke dingin tersebut sehingga mengganggu ke daya tahan tubuh manusia.