Puluhan klub motor ramaikan Kirab Merah Putih di Sampit

id Puluhan klub motor ramaikan Kirab Merah Putih di Sampit, kalteng, HUT ri, Sampit, kotim, kotawaringin timur, bupati kotim, Halikinnor, dandim abdul Ha

Puluhan klub motor ramaikan Kirab Merah Putih di Sampit

Bupati Halikinnor memberangkatkan iring-iringan peserta "Biker Sampit for Nation" dengan tema "Rolling Thunder Kirab Merah Putih Kemerdekaan" di Taman Kota Sampit, Minggu (14/8/2022) sore. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Kirab Merah Putih Kemerdekaan yang digelar pecinta sepeda motor di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dimeriahkan puluhan klub motor dengan jumlah peserta diperkirakan lebih dari 1.000 orang. 

"Saya salut dengan kekompakan para pecinta motor sehingga bisa menggelar acara ini. Ini sangat positif, khususnya dalam kita menyemarakkan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia," kata Bupati Halikinnor di Sampit, Minggu. 

Kegiatan ini diberi nama "Biker Sampit for Nation" dengan tema "Rolling Thunder Kirab Merah Putih Kemerdekaan" mengambil lokasi awal dan akhir di Taman Kota Sampit. Kirab yang diikuti berbagai komunitas sepeda motor ini dilepas oleh Bupati Halikinnor didampingi Dandim 1015/Spt Letkol Inf Abdul Hamid dan Sekretaris Daerah Fajrurrahman. 

Rombongan berangkat dari Taman Kota menyusuri jalan-jalan protokol di Kota Sampit. Iring-iringan seribu lebih pemotor berbagai jenis kendaraan ini menarik perhatian masyarakat sehingga ikut menyaksikan dari pinggir jalan. 

Halikinnor mengaku sangat bersyukur karena pandemi COVID-19 terus melandai sehingga perayaan HUT RI tahun ini bisa lebih meriah dibanding dua tahun terakhir. Meski begitu, dia mengimbau masyarakat tetap mewaspadai penularan COVID-19 dengan mengikuti vaksinasi lengkap sehingga tidak mudah tertular virus mematikan tersebut. 

Baca juga: DPRD Kotim dukung penambahan ruang kelas baru

Dia mengapresiasi kegiatan ini karena para "biker" dari berbagai komunitas bisa bersatu tanpa menonjolkan perbedaan. Ini diharapkan mampu menjadi kekuatan dan memberikan contoh positif bagi masyarakat luas. 

"Saya berpesan kepada para biker Sampit untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas saat berkendara. Jangan melakukan hal-hal serta melanggar lalu lintas. Saya juga mengajak seluruh masyarakat untuk ikut menyemarakkan perayaan HUT Kemerdekaan ini," demikian Halikinnor. 

Sementara itu Ketua Panitia, Zulfendi didampingi Ketua Mentaya Scooter Club, Gunawan menyebutkan, ada 23 komunitas kendaraan roda dua dan 4 klub mobil di Sampit yang ikut kegiatan ini. Kegiatan ini untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI sekaligus menjadi ajang silaturahim sesama pecinta motor dan mobil. 

Melalui kegiatan ini diharapkan mampu membangkitkan rasa cinta terhadap tanah air melalui karya di bidang masing-masing. Dia juga berharap para pecinta motor selalu solid dan kompak supaya tidak ada perbedaan karena semua sama-sama pecinta kendaraan roda dua.

"Kami juga mengampanyekan 'safety riding' (keselamatan berkendara). Kalau anggota klub, pasti sudah dibina sehingga tidak arogan, kecuali mereka yang kumpul-kumpul tanpa dilindungi oleh klubnya. Kalau sudah punya klub, saya  yakin mereka tidak akan arogan," pungkasnya. 

Baca juga: Jawab keluhan warga pinggir kota, Bupati Kotim perintahkan perbaikan jalan

Baca juga: Kotim tinggi kecelakaan kerja pada mata, penanganan harus tepat

Baca juga: DPRD Kotim minta pemkab optimalkan fasilitasi program bantuan pendidikan