41 peserta dari tiga kabupaten ikuti Festival Karang Taruna Barsel

id Pemkab barsel, karang taruna barsel, festival dangdut enam barsel, kartar, buntok, dangdut, karang taruna

41 peserta dari tiga kabupaten ikuti Festival Karang Taruna Barsel

Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Manat Simanjuntak didamping Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Rudianto bernyanyi pada festival tersebut, Jumat, (19/8). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Buntok (ANTARA) -
Sebanyak 41 orang peserta yang berasal dari tiga kabupaten mengikuti Festival Dangdut Enam Karang Taruna Barito Selatan, Kalimantan Tengah.
 
"Peserta berasal dari Barito Selatan, Barito Timur, dan Barito Utara," kata Ketua Karang Taruna Barito Selatan yang diwakili Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Rudianto saat dihubungi di Buntok, Jumat malam.
 
Dia menyampaikan, festival dangdut yang merupakan agenda rutin Karang Taruna Barito Selatan ini dilaksanakan selama tiga hari, yakni 19-21 Agustus 2022 dengan lokasi pelaksanaan di objek wisata Danau Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan.
 
Menurut dia, kegiatan festival dangdut ini merupakan upaya Karang Taruna bersama OKP lain untuk terus menggelorakan semangat generasi muda agar lebih kreatif dan inovatif dalam pengembangan diri, sehingga bisa berprestasi dan bermanfaat bagi banyak orang.
 
Sementara itu Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud), Manat Simanjuntak mengapresiasi festival dangdut yang dilaksanakan Karang Taruna Barito Selatan.
 
"Karena kegiatan ini dilaksanakan secara rutin dalam setiap tahunnya dan festival yang dilaksanakan ini merupakan festival tahun keenam yang dilaksanakan Karang Taruna Barito Selatan," ucapnya.

Baca juga: Pj Bupati Barsel: Jadikan HUT RI ke-77 momen mendukung dan mengisi pembangunan
 
Dia berharap kegiatan lomba dangdut yang diselenggarakan ini bisa terus berlanjut dan dikembangkan lagi di tahun mendatang.
 
"Hal itu mengingat, banyak talenta penyanyi dangdut asal Barsel yang secara kualitas tidak kalah dibanding artis nasional," terang Manat Simanjuntak yang juga Plt Asisten II Setda Barito Selatan itu.
 
Menurut dia, talenta penyanyi dangdut ini harus terus dibina dan disediakan pekerjaan, sehingga bisa tampil pada berbagai agenda, khususnya yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan.
 
Manat juga menyampaikan, dirinya berjanji akan menyediakan pekerjaan yang diselenggarakan Pemkab Barsel bagi penyanyi dangdut asal daerah ini.
 
"Sebab, kalau ada penyanyi yang berkualitas, untuk apa kita jauh-jauh mencari artis lain dalam mengisi acara hiburan, toh di daerah kita banyak sekali talenta yang bisa diandalkan" ujarnya.
 
Selain itu ia berharap, anggaran kegiatan Karang Taruna Barsel khususnya untuk lomba adu bakat seni bernyanyi yang sudah memasuki tahun keenam ini, bisa lebih besar lagi, supaya 'output' atau keluaran dari festival ini nantinya bisa lebih diarahkan ke ajang lomba yang lebih tinggi lagi.

Baca juga: DPRD Barsel: Hasil pendalaman komisi jadi bahan pembahasan KUA-PPAS

Baca juga: Sejumlah sekolah ikuti lomba gerak jalan Kodim 1012 Buntok