KPID fasilitasi generasi muda Kalteng kembangkan kemampuan bidang penyiaran

id Kpid kalteng, pemprov kalteng, diskominfo kalteng, lomba presenter penyiaran, bidang penyiaran, broadcasting kalteng, ilham busra, agus siswadi, gener

KPID fasilitasi generasi muda Kalteng kembangkan kemampuan bidang penyiaran

Pembukaan Lomba Presenter Penyiaran, Melukis dan Vector tahun 2022 yang dilaksanakan KPID Kalteng di Palangka Raya, Senin, (22/8/2022). ANTARA/Muhammad Arif Hidayat

Palangka Raya (ANTARA) -
Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan lomba presenter sebagai salah satu upaya memfasilitasi generasi muda mengembangkan kemampuan di bidang penyiaran.
 
"Melalui lomba ini, KPID Kalteng berupaya memberikan ruang bagi generasi muda untuk berkarya, salah satunya di bidang penyiaran melalui lomba presenter," kata Ketua KPID Kalteng Ilham Busra di Palangka Raya, Senin.
 
Ada sekitar 65 peserta yang berpartisipasi mengikuti lomba presenter ini, terdiri dari pelajar maupun umum. Sejumlah penilaian yang dilakukan, meliputi penguasaan materi, tata bahasa, kelancaran, pengucapan, intonasi, penampilan, hingga ekspresi.
 
Mewakili Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Kepala Diskominfosantik Agus Siswadi menyambut baik kegiatan yang digagas KPID tersebut, apalagi jika melihat antusiasme generasi muda di provinsi setempat pada bidang penyiaran sebenarnya sangatlah bagus.
 
"Hanya saja selama ini tampaknya, ruang bagi generasi muda dalam mengembangkan diri di bidang penyiaran di Kalteng masih cukup terbatas, sehingga memerlukan dorongan serta dukungan dari berbagai pihak," terangnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng menggandeng IPB sukseskan PSN Food Estate
 
Oleh karenanya lomba presenter ini menjadi sarana strategis bagi generasi muda untuk unjuk diri dan mengasah kemampuan yang dimiliki. Selain itu bagi televisi swasta dan lainnya, bisa menjadi wadah untuk mendapatkan bibit-bibit unggul potensial agar bisa dilakukan perekrutan.
 
Lebih lanjut dia menyampaikan, lomba ini juga sekaligus menjadi sarana penguatan literasi bagi generasi muda dalam rangka mencegah berbagai dampak negatif dari perkembangan zaman di era digital.
 
"Semoga ke depan kegiatan seperti ini bisa terus dikembangkan, tak hanya sebatas kompetisi, tetapi menjadi ruang untuk terus memacu peningkatan kreativitas yang dimiliki," tuturnya.
 
Selain lomba presenter, KPID juga melaksanakan lomba melukis dan vector, yang semuanya diselenggarakan dalam rangka menyukseskan kejuaraan dunia sepeda UCI MTB Eliminator World Cup 2022 pada 28 Agustus 2022 mendatang.
 
KPID turut berpartisipasi menyukseskan agenda internasional tersebut, karena turut berbangga atas terpilihnya Kalteng sebagai salah satu tempat penyelenggaraan UCI MTB bersama negara lainnya, sehingga diharapkan dapat memberi banyak manfaat terhadap daerah maupun masyarakat.

Baca juga: 180 atlet peserta Gubernur Kalteng Cup road to UCI MTB terlindungi JAMSOSTEK

Baca juga: Gubernur Kalteng Cup jadi pemacu berkembangnya cabor sepeda daerah

Baca juga: Arena balap UCI MTB Kalteng mampu menampung ribuan penonton