180 atlet peserta Gubernur Kalteng Cup road to UCI MTB terlindungi JAMSOSTEK

id Pemprov kalteng, bpjamsostek, bpjs ketenagakerjaan palangka raya, uci mtb, kejuaraan dunia sepeda, gubernur kalteng cup road race, sugianto sabran, at

180 atlet peserta Gubernur Kalteng Cup road to UCI MTB terlindungi JAMSOSTEK

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (empat kanan) menyerahkan secara simbolis kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada atlet balap sepeda di Palangka Raya, Sabtu, (20/8/2022). ANTARA/HO-BPJAMSOSTEK Cabang Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) -
Sebanyak 180 atlet balap sepeda peserta Gubernur Kalteng Cup Road Race road to Event Internasional Union Cycliste Internationale (UCI) Mountain Bike (MTB) Eliminator World Cup Seri ke-8 tahun 2022, terlindungi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (JAMSOSTEK).
 
"Sebanyak 180 atlet balap sepeda dari seluruh Indonesia, yang ikut Gubernur Kalteng Cup kali ini terlindungi program JAMSOSTEK," kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di Palangka Raya, Sabtu.
 
Pemberian perlindungan terhadap para atlet balap sepeda itu ditandai dengan penyerahan kartu peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).
 
Penyerahan kartu BPJAMSOSTEK kepada perwakilan atlet balap sepeda itu, dilakukan Gubernur Sugianto didampingi Wakil Gubernur Edy Pratowo dan anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran.
 
Pria nomor satu di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila" itu menjelaskan, perlindungan terhadap atlet melalui program BPJS Ketenagakerjaan, bertujuan menjamin peserta agar merasa semakin nyaman dan terlindungi saat kegiatan balapan sepeda.
 
"Walaupun tidak ada yang menginginkan sebuah insiden kecelakaan, akan tetapi jaminan atau semisal asuransi menjadi hal yang penting dalam olah raga balap yang penuh dengan risiko," terang Sugianto.

Baca juga: Arena balap UCI MTB Kalteng mampu menampung ribuan penonton
 
Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Palangka Raya Budi Wahyudi melalui Kepala Bidang Kepesertaan Palangka Raya Andika Candra mengaku senang pihaknya bisa bergabung dan ikut andil menyukseskan Gubernur Kalteng Cup Road to UCI MTB Eliminator World Cup.
 
"Perlu diketahui, peserta BPJAMSOSTEK tidak hanya karyawan yang bekerja di perusahaan atau penerima upah saja, namun juga kepesertaan pekerja mandiri atau bukan penerima upah. Seperti perlindungan pada atlet sepeda ini," kata Andika.
 
Melalui program perlindungan ini, para atlet yang berkompetisi tidak perlu merasa khawatir akan keselamatannya, sehingga dapat memberikan performa terbaiknya.
 
"Seluruh warga negara Indonesia yang bekerja, baik itu petani, pedagang, tukang ojek, sampai atlet olahraga yang berisiko berat seperti para pembalap sepeda, bisa mendaftarkan dirinya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," jelasnya.

Baca juga: Moeldoko: UCI MTB momentum kenalkan Kalteng kepada dunia

Baca juga: Masyarakat diimbau untuk jaga fasilitas umum yang telah dipasang pemerintah

Baca juga: Komisi I DPRD: Optimalkan UCI MTB mengenalkan produk UMKM dan pariwisata Kalteng