Komisi I DPRD: Optimalkan UCI MTB mengenalkan produk UMKM dan pariwisata Kalteng

id Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah, Freddy Ering, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah, kejuaraan sepeda dunia di Palan

Komisi I DPRD: Optimalkan UCI MTB mengenalkan produk UMKM dan pariwisata Kalteng

Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah Y Freddy Ering. ANTARA/Jaya W Manurung.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah Freddy Ering mengingatkan pemerintah daerah serta pihak lainnya, agar memanfaatkan secara optimal kejuaraan sepeda dunia atau UCI MTB 2022 dalam memperkenalkan produk UMKM dan pariwisata di provinsi ini.

UCI MTB yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2022 ini merupakan even skala besar bahkan internasional karena diikuti atlet pesepeda dari banyak negara, kata Freddy Ering di Palangka Raya, kemarin.

"Penonton dari provinsi maupun negara lain, juga bakal banyak yang datang. Jadi, jangan sampai disia-siakan peluang langka ini. Harus benar-benar dioptimalkan sebagai ajang mempromosikan UMKM maupun objek pariwisata yang ada di provinsi ini," ucapnya.

Dikatakan, Lembaga DPRD Kalteng telah memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan UCI MTB yang akan dilaksanakan di Jalan Tjilik Kriwut KM5 Kota Palangka Raya. Dukungan itu dari mulai menyetujui sebagian biaya pelaksanaan melalui APBD tahun 2022, mempromosikan ke masyarakat, hingga akan turut meramaikan pagelaran pra UCI MTB.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas itu menyarankan, organisasi perangkat daerah (OPD) provinsi maupun kabupaten/kota, menyediakan booth atau stand di lokasi UCI MTB 2022. Di mana stand itu sebagai wadah mempromosikan produk UMKM maupun objek pariwisata yang ada di provinsi ini.

"Kami juga mengharapkan stand di lokasi UCI MTB lebih diutamakan untuk produk unggulan daerah, yang tentunya dihasilkan oleh para pelaku UMKM lokal mengisi UMKM," kata Freddy Ering.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu pun mengapresiasi keseriusan dan kesungguhan Pemerintah provinsi bersama panitia, dalam mempersiapkan pelaksanaan UCI MTB, termasuk arena yang akan digunakan.

"Kami melihat persiapan sudah sangat baik. Kami berharap itu terus dipertahankan dan ditingkatkan hingga hari pelaksanaannya pada tanggal 22 Agustus 2022," demikian Freddy Ering.

Baca juga: Kesiapan UCI MTB 95 persen dan atlet sepeda nasional mulai berdatangan

Sebelumnya, Ketua DPRD Kalteng Wiyatno menyatakan bahwa dirinya sedang berkoordinasi dengan seluruh anggota terkait ketersediaan sepeda, agar dapat berpartisipasi dan turut meramaikan kejuaraan sepeda dunia atau UCI MTB 2022.

Menurut dia, partisipasi pimpinan dan anggota DPRD Kalteng ini perlu dilakukan karena kejuaraan sepeda tingkat dunia ini baru pertama kali dilaksanakan di provinsi ini, dan memberikan banyak dampak positif terhadap daerah ini.

"Kejuaraan ini juga sebagai salah satu cara mempromosikan Kalteng ke negara. Jadi, sudah selayaknya seluruh lapisan masyarakat turut berpartisipasi dan meramaikannya," kata Wiyatno.

Baca juga: Pimpinan dan anggota DPRD Kalteng turut meramaikan UCI MTB 2022

Baca juga: Agustiar: Dukungan masyarakat kunci suksesnya kejuaraan sepeda dunia