Ketua DPRD harapkan Sentra IKM Sungai Undang segera beroperasi

id Dprd seruyan, ketua dprd seruyan, zuli eko prasetyo, sentra ikm sungai undang, industri kecil menengah, kelautan, perikanan, kuala pembuang, seruyan

Ketua DPRD harapkan Sentra IKM Sungai Undang segera beroperasi

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo. (ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) -
Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Zuli Eko Prasetyo menyampaikan, Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) di Desa Sungai Undang, Kecamatan Seruyan Hilir memiliki potensi besar bagi masyarakat, khususnya dalam mengurangi angka pengangguran.
 
“Kita harap Sentra IKM Sungai Undang ini bisa segera beroperasi, karena memang sangat berdampak bagi kesejahteraan masyarakat setempat, salah satunya dapat mengurangi angka pengangguran di Seruyan,” kata Zuli Eko di Kuala Pembuang, Jumat.
 
Dia mengatakan, pihaknya meminta Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) setempat memaksimalkan potensi tersebut, sehingga aset yang dimiliki itu bisa benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.
 
Lanjut dia menjelaskan, ketika sentra IKM difungsionalkan, tentu sumber daya alam di wilayah tersebut dapat dikelola dengan baik sehingga akan mendongkrak perekonomian masyarakat nantinya.

Baca juga: Dua BTS dibangun di Seruyan Hilir Timur pada 2022
 
Terlebih lagi, Sentra IKM Sungai Undang ini direncanakan untuk pengolahan yang berbahan dasar ikan serta pengemasannya. Maka dengan begitu hasil tangkapan nelayan juga bisa dimaksimalkan dengan baik.
 
"Potensi sentra IKM ini sangat luar bisa, karena kita wilayah pesisir ada laut maupun sungai penghasil ikan, apalagi sarana sudah jadi, hanya saja perlu dioperasikan biar kita bisa memberdayakan potensi SDA yang ada disini," jelasnya.
 
Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menambahkan, pihaknya menyarankan kepada Diskoperindag setempat untuk bisa meningkatkan koordinasi baik dengan pemerintah pusat maupun provinsi serta pihak terkait lainnya. Hal tersebut dilakukan agar setiap kendala yang dialami bisa diselesaikan dan pastinya cepat beroperasi.
 
“Kalau ada kendala itu kita sarankan agar dikoordinasikan kepada semua pihak terkait, supaya bisa diatasi bersama-sama, karena ini merupakan potensi yang sangat besar sekali dan dampaknya juga besar untuk peningkatan perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Baca juga: Pastikan program rehab tepat sasaran, Bupati Seruyan tinjau langsung rumah warga

Baca juga: Diskoperindag Seruyan berharap akses jalan menuju sentra IKM ditingkatkan

Baca juga: Bupati Seruyan saksikan pembayaran ganti rugi lahan warga dengan perusahaan sawit