Diskoperindag Seruyan berharap akses jalan menuju sentra IKM ditingkatkan

id Diskoperindag Seruyan,Seruyan,Kalteng,Kuala Pembuang ,Primermen ,IKM,i Desa Sungai Undang, Kecamatan Seruyan hilir

Diskoperindag Seruyan berharap akses jalan menuju sentra IKM ditingkatkan

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Seruyan Primermen di Kuala Pembuang, ANTARA/Radianor.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Primermen mengharapkan, agar  jalan menuju sentra Industri Kecil Menengah (IKM) di Desa Sungai Undang, Kecamatan Seruyan hilir bisa  ditingkatkan, untuk memaksimalkan operasionalnya.

“Kita berharap akses jalan ini bisa ditingkatkan agar operasional IKM tersebut bisa lebih maksimal,  dan dari pantauan ada sekitar 200 meter jalan menuju sentra IKM ini yang perlu ditingkatkan," kata Primermen di Kuala Pembuang, Kamis.

Dia mengatakan,  peningkatan akses jalan untuk sentra IKM ini sangat penting, karena dengan begitu  pada saat fungsional lalulintas kendaraan antar jemput barang dapat berjalan dengan maksimal tanpa ada kendala.

"Akses jalan ini merupakan salah satu penunjang yang penting agar operasional sentra IKM tersebut bisa berjalan dengan lancar," ungkapnya.

Ia menyampaikan, infrastruktur sentra IKM secara umum sudah bisa fungsional. Kendati demikian, pihaknya akan melakukan pengujian terhadap keseluruhan sistem agar dapat dipastikan berfungsi dengan maksimal salah satunya instalasi listrik yang berjumlah 135000 KWh.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan terhadap operasionalnya, dan fasilitas penunjang lainnya yang harus dilakukan uji coba kembali. 

"Secara umum kita katakan sentra IKM ini sudah bisa fungsional. Namun nantinya kami akan melakukan uji coba, salah satunya terhadap instalasi listrik yang begitu besar apakah memadai atau tidak," jelasnya.

Dia menambahkan, apabila sentra IKM ini nantinya bisa berjalan dengan lancar pastinya akan berdampak pada masyarakat Seruyan, misalnya dari segi tenaga kerja dan pasti akan membuka lapangan pekerjaan, sehingga dapat mengurangi pengangguran di wilayah setempat.

“Kalau semua bisa beroperasional pasti memerlukan tenaga kerja dan bisa berdampak bagi kesejahteraan masyarakat di 'Bumi Gawi Hantantiring' ini,” demikian Primermen.