Delapan desa di Kapuas terdampak banjir

id Banjir kapuas, delapan desa kapuas banjir, musibah, bencana alam, kuala kapuas, kapuas

Delapan desa di Kapuas terdampak banjir

ILUSTRASI - Banjir. ANTARA News/Ridwan Triatmodjo

Setiap desa itu kan tidak semua terendam, hanya rumah-rumah penduduk yang di bantaran Sungai Kapuas, untuk yang sudah di jalur jalan lintas Pujon-Jangkang relatif aman, mudah -mudahan tidak ada hujan susulan
Kuala Kapuas (ANTARA) -
Sebanyak delapan desa di Kecamatan Pasak Talawang, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, terdampak banjir akibat curah hujan tinggi dalam beberapa hari terakhir.
 
"Ada delapan desa yang terdampak banjir akibat curah hujan cukup tinggi beberapa hari ini," kata Camat Pasak Talawang, Dodo saat dihubungi dari Kapuas, Selasa.
 
Delapan desa yang dilanda banjir meliputi Tumbang Tukun, Sei Ringin, Hurung Kampin, Batu Sambung, Jangkang, Balai Banjang, Dandang dan Kaburan Dusun Tumbang Onah.
 
Dikatakannya, banjir yang melanda delapan desa di kecamatan setempat, terjadi sejak Jumat (9/9) lalu hingga saat ini. Untuk ketinggian air sendiri bervariasi antara 60 hingga 150 centimeter.
 
"Sampai dengan saat ini, tidak ada upaya yang dilakukan, kita hanya mengimbau warga tetap waspada serta menganjurkan untuk mengungsi ke tempat keluarga yang tidak terdampak banjir," katanya.

Baca juga: Seorang balita ditemukan tidak bernyawa di selokan saat banjir di Kotim
 
Sementara itu untuk rincian fasilitas umum dan sosial, serta rumah penduduk yang terdampak banjir masih dilakukan pendataan.
 
“Saya sudah meminta kepada kepala desa dan BPD melakukan pendataan di lapangan dan sampai saat ini belum ada laporan masuk ke saya,” jelasnya.
 
Dia menjabarkan, untuk saat ini kondisinya ada beberapa desa yang airnya mulai surut dan ada juga di beberapa titik masih terendam seperti jalan umum.
 
"Setiap desa itu kan tidak semua terendam, hanya rumah-rumah penduduk yang di bantaran Sungai Kapuas, untuk yang sudah di jalur jalan lintas Pujon-Jangkang relatif aman, mudah -mudahan tidak ada hujan susulan," harapnya.
 
Selama tahun 2022 ini, di Kecamatan Pasak Telawang tercatat sudah mengalami tiga kali musibah banjir. Banjir yang melanda ini, merupakan banjir tahunan yang sering terjadi di beberapa desa di kecamatan setempat.

Baca juga: Masyarakat diingatkan pelihara fungsi drainase untuk hindari banjir

Baca juga: Lahan pertanian di Palangka Raya mulai terdampak banjir kiriman

Baca juga: Wali Kota Palangka Raya salurkan paket bantuan untuk korban banjir