Peringati Hari Kunjung Perpustakaan, Wakapolda Kalteng ajak masyarakat sukseskan gerakan literasi

id Wakapolda kalteng brigjen pol ida oetari, perpustakaan kalteng, disperpusip kalteng, lukman hakim, hari kunjung perpustakaan, palangka raya, kalteng

Peringati Hari Kunjung Perpustakaan, Wakapolda Kalteng ajak masyarakat sukseskan gerakan literasi

Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari bersama Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng Luqman Alhakim di perpustakaan, Palangka Raya, Rabu, (14/9/2022). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Wakapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol Ida Oetari mengunjungi perpustakaan daerah pada Dinas Perpustakaan dan Arsip provinsi setempat, dalam rangkaian peringatan Hari Kunjung Perpustakaan.
 
Ida Oetari di Palangka Raya, Rabu, mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan dan meningkatkan literasi salah satunya dengan membaca.
 
"Semoga kedatangan saya bisa turut menginspirasi banyak orang, bahwa berkunjung ke perpustakaan menyenangkan," terangnya.
 
Dia mengatakan perpustakaan menjadi salah satu sarana pengembangan diri bagi masyarakat. Melihat ketersediaan buku yang beragam serta fasilitas penunjang yang memadai di perpustakaan daerah, dia pun mendorong agar masyarakat bisa mengoptimalkannya.
 
"Perpustakaan salah satu media atau sarana yang bisa diakses semua orang dalam rangka meningkatkan kapasitasnya," tuturnya.
 
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng Luqman Alhakim mengapresiasi kunjungan Wakapolda ke perpustakaan, terlebih saat Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan.
 
"Adanya kunjungan Wakapolda Kalteng ini menjadi penyemangat bagi jajaran perpustakaan dalam meningkatkan gerakan literasi kepada masyarakat," terangnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng upayakan FOLU Net Sink bisa diimplementasikan masyarakat
 
Luqman pun berharap dengan adanya peringatan Hari Kunjung Perpustakaan yang dirayakan setiap 14 September di setiap tahunnya, sebagai momentum membuat gerakan literasi yang semakin maju dan kreatif.
 
"Tentunya gerakan yang mampu membangkitkan semangat masyarakat agar mau dan rajin berkunjung ke perpustakaan," ucapnya.
 
Dia mengajak semua pihak, baik para pegiat literasi mulai dari pustakawan, pengelola perpustakaan sekolah, pejuang literasi di berbagai daerah, serta masyarakat bersama-sama menyukseskan gerakan literasi.
 
Adapun sebagai penghargaan kepada pemustaka yang sudah berkunjung ke Perpustakaan Kalteng di Hari Kunjung Perpustakaan, pihaknya membagikan masker dan pin dengan tulisan motivasi untuk makin budaya membaca.

Baca juga: Pemprov Kalteng: Lembaga adat turut berperan bantu selesaikan konflik lahan

Baca juga: Kementerian Investasi-Pemprov Kalteng siapkan peta jalan hilirisasi investasi strategis

Baca juga: Pemprov Kalteng-ANRI tingkatkan pelaksanaan pengarsipan berbasis digital