Sekda: Penanaman sejuta pohon selaras dengan 'Kasongan Kota Hijau'

id Penanaman sejuta pohon katingan, penghijauan katingan, kota hijau kasongan, katingan, sekda katingan pransang

Sekda: Penanaman sejuta pohon selaras dengan 'Kasongan Kota Hijau'

Penanaman dan Penghijauan Sejuta Pohon di Kasongan, Kamis, (29/9/2022). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kasongan (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah mengapresiasi penanaman dan penghijauan sejuta pohon dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI.
 
"Pada prinsipnya Pemkab Katingan sangat mendukung kegiatan yang positif ini karena selaras dengan motto Kasongan Kota Hijau (The Green Kasongan)," kata Bupati Katingan Sakariyas melalui Sekretaris Daerah Pransang di Kasongan, Kamis.
 
Menurutnya kegiatan tersebut sebagai upaya menciptakan lingkungan menjadi lebih sejuk, nyaman dan indah serta sehat bagi warga kota, termasuk menjadi tempat wisata berbasis alam seperti Ruang Terbuka Hijau (RTH).
 
Dikatakannya salah satu permasalahan di kota-kota besar yang berusia ratusan tahun adalah fenomena perubahan iklim. Menghindari hal tersebut Pemkab Katingan sejak 2016 telah mencanangkan Program Kota Hijau yang berbasiskan masyarakat melalui Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH).
 
"Katingan memulai pembangunan dari tengah hutan karenanya mari sama-sama hutannya kita pelihara, kelola dan atur dengan sebaik-baiknya. Kita pertahankan kondisi kota hijau yang penuh pepohonan," ucapnya.

Baca juga: Tingkatkan perekonomian, Setia Mulya dan Bakung Raya bangun jalan penghubung
 
Sementara itu Pabung Katingan Kodim 1015 Sampit Mayor Chk Suryanto mengatakan, kegiatan ini dilakukan serentak di wilayah Kalteng dalam rangka memperingati HUT TNI ke-77. Hal ini sesuai arahan Danrem 102/Panju Panjung.
 
Setiap Kodim mengupayakan penanaman sejumlah seribu pohon. Dengan demikian setiap Koramil menanam minimal sebanyak tiga ratus pohon. Adapun pohon yang ditanam yakni jenis pohon yang kuat seperti trembesi, mahoni dan sebagainya.
 
"Kegiatan penanaman ini merupakan upaya penghijauan dan peresapan air sehingga bermanfaat bagi generasi mendatang," kata Suryanto.
 
Turut hadir dalam kegiatan itu di antaranya Ketua DPRD Katingan Marwan Susanto, Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo, Kasi Intel Ronald Peroniko mewakili Kajari Katingan, hingga Kepala Dinas Lingkungan Hidup Katingan Hap Baperdo.

Baca juga: Legislator apresiasi Katingan masuk 50 Kota Cerdas

Baca juga: Ketua DPRD Katingan apresiasi survei akreditasi RSUD Mas Amsyar Kasongan

Baca juga: RSUD Mas Amsyar Kasongan didorong tingkatkan pelayanan