DPRD Kapuas minta pemkab pantau stok bahan pokok

id DPRD Kapuas minta pemkab Kapuas pantau stok bahan pokok, kalteng, kapuas

DPRD Kapuas minta pemkab  pantau stok bahan pokok

Ketua DPRD Kabupaten Kapuas, Ardiansah. ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Ardiansah, meminta pemerintah kabupaten setempat meningkatkan pemantauan stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok di pasar.

"Apalagi saat ini sudah menjelang Natal dan Tahun Baru (Natura), sehingga ketersediaan dan harga bahan pokok harus bisa dikendalikan," kata Ardiansah, di Kuala Kapuas, Rabu. 

Menurut legislator dari Partai Golongan Karya, kestabilan harga dan ketersediaan stok bahan pokok sangat penting menjadi perhatian untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat di kabupaten setempat.

Pemerintah daerah diharapkan dapat bergerak cepat, dengan selalu melakukan pantauan pasar. Dalam hal ini, fungsi dari Dinas Perdagangan, Prindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagperinkop dan UKM) Kabupaten Kapuas, harus lebih gencar melakukan monitoring. Dia mewanti-wanti jangan sampai inflasi melonjak di daerah menjelang Natal dan Tahun Baru ini.

"Kita harapkan stok bahan pokok harus dipastikan aman, agar tidak terjadi gejolak harga di pasaran. Sebab, jika terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok akan berdampak pada masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah," katanya.

Baca juga: Legislator Kapuas apresiasi kinerja DP3APPKB tangani kasus anak

Ardiansyah kembali menekankan bahwa pengawasan pasar harus intens dilakukan. Apabila ditemukan ada harga bahan pokok yang naik, maka harus dicari tahu apa penyebabnya dan cepat dicarikan solusinya.

Jika ada kelangkaan bahan pokok, maka harus ditelusuri. Jangan sampai ada pedagang-pedagang nakal yang melakukan penimbunan bahan pokok yang mengakibatkan tidak stabilnya harga bahan pokok.

Terkait hal itu, wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas III yang meliputi Kecamatan Timpah, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Mandau Talawang dan Pasak Talawang ini, mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, agar tidak panik berlebihan, dan berbelanja bahan pokok sesuai kebutuhan.

"Kepada seluruh lapisan masyarakat, kita meminta agar berbelanja sesuai kebutuhannya, dan apabila di pasar ditemukan ada kenaikan harga jangan terlalu panik berlebihan, dan jangan sampai berbelanja melebihi kapasitas belanja sehari-hari, karena dengan itu nantinya yang turut akan membuat stabilitas harga semakin tidak normal," terangnya.

Selain itu, di tengah kemajemukan umat beragama di Kabupaten Kapuas, ia juga mengimbau agar seluruh lapisan masyarakat tetap menjaga kondusivitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Sebentar lagi akan ada Natal dan Tahun baru, maka dengan itu saya turut mengimbau agar seluruh masyarakat dapat bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban bermasyarakat," demikian Ardiansah.

Baca juga: Pemasaran perikanan Kapuas rambah luar daerah

Baca juga: Kejari Kapuas: Perkara narkotika sepanjang 2022 paling mendominasi

Baca juga: Bupati ingatkan Kades Camat di Kapuas harus sungguh-sungguh layani masyarakat