Jelang perayaan Nataru 2023 kondisi Kalteng kondusif

id Polda Kalteng,Palangka Raya,Nataru ,2023,Kombes Pol Kismanto Eko Saputro,Jelang perayaan Nataru 2023 kondisi Kalteng kondusif

Jelang perayaan Nataru 2023 kondisi Kalteng kondusif

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Kismanto Eko Saputro. ANTARA/Adi Wibowo         

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Kalteng Kombes Pol Kismanto Eko Saputro mengatakan, kondisi provinsi setempat sampai saat ini masih kondusif dan tidak ada gangguan keamanan yang menonjol.

"Sampai saat ini situasi Kalteng, masih kondusif dan semoga sampai akhir tahun kondisi seperti ini tetap berlanjut," katanya saat dibincangi di Mapolda Kalteng, Jumat.

Untuk memberikan rasa aman terhadap seluruh masyarakat, terutama umat Kristiani yang akan melaksanakan perayaan Natal dan Tahun Baru 2023, kepolisian di daerah setempat juga membangun posko pengamanan di beberapa tempat.

Selain pembangunan pos pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polda Kalteng mengarahkan setiap Polres jajarannya untuk meningkatkan patroli ke sejumlah lokasi yang dianggap rawan terjadi tindak kejahatan dalam jenis apa saja.

"Untuk kejadian menonjol memang tidak ada sampai saat ini, sedangkan untuk kejadian-kejadian kecil masih ada dan tetap ditangani oleh pihak kepolisian untuk mengungkap perkara-perkara tersebut," ucapnya.

Eko menegaskan, meskipun kondisi  provinsi yang memiliki luas dua kali dari Pulau Jawa itu aman dan tidak ada gangguan kamtibmas maupun serangan dari aksi terorisme, namun pihak kepolisian setempat tetap menyiagakan diri dengan berjaga-jaga di sejumlah wilayah.

Penjagaan dilakukan bertujuan, agar pelaku-pelaku kejahatan yang ingin membuat kacau kondisi  daerah setempat sulit untuk bergerak dan melancarkan aksinya agar Kalteng menjadi tidak kondusif.

"Peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan juga harus jeli, jangan sampai kita bersama kecolongan oleh para pelaku kejahatan yang hendak beraksi di sejumlah tempat," ungkap Perwira Polri jebolan Akpol 1992 itu.

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kalteng, untuk sama-sama menjaga keamanan provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila tersebut dengan mengaktifkan pos kamling di setiap kompleks perumahannya.

Sedangkan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) juga harus ikut berperan aktif, dalam menjaga keamanan lingkungannya terutama munculnya pelaku terorisme dan pelaku kejahatan lainnya.

"Apabila mengetahui ada tindak kejahatan di kompleks perumahan warga, maka jangan takut untuk melaporkan ke pihak kepolisian. Sebab sekecil apapun informasi yang disampaikan warga, maka kepolisian akan segera menindak lanjuti laporan tersebut," tegas Kismanto Eko Saputro.