Polda jamin Natal dan Tahun Baru 2023 di Kalteng aman

id Polda Kalteng,Palangka Raya,Jamin Natal Aman,Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto,Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Kis Manto eko Saputro ,Pold

Polda jamin Natal dan Tahun Baru 2023 di Kalteng aman

Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto (kedua kanan) bersama forkopimda setempat mengunjungi Gereja Katedral di Jalan Tjilik Riwut Km 1 Palangka Raya, Sabtu (24/12/2022). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah menjamin bahwa selamat perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 di provinsi setempat berjalan aman dan nyaman, tanpa ada hambatan apapun.

Kabid Humas Polda Kalteng Kismanto Eko Saputro di Palangka Raya, Sabtu, menuturkan sekitar 1.706 personel dari Polda Kalteng dan polres jajaran dilibatkan dalam mengamankan dua momen tersebut yang dimulai dari 23 Desember sampai 2 Januari 2023.

"Kami menjamin bahwa perayaan Natal umat Kristiani di Kalteng berjalan lancar dan aman, tanpa ada gangguan apapun karena seluruh personel sudah kita fokuskan untuk melakukan pengamanan di setiap gereja yang ada di provinsi setempat," katanya.

Eko menjelaskan, di Kalteng ada sekitar 650 gereja yang akan dijaga oleh 1.006 personel yang sudah disebar di seluruh gereja-gereja yang sudah termonitor oleh anggota.

Sampai saat ini, di provinsi setempat tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang dapat merusak stabilitas keamanan yang sudah terpelihara.

"Namun kami tetap saja mewaspadai terkait hal-hal yang dapat membuat stabilitas keamanan di daerah dapat terganggu. Tetapi sampai saat ini aman terkendali kamtibmas jelang Natal dan Tahun Baru 2023," ucapnya.

Ditegaskannya Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pada sore hari ini, melakukan kunjungan ke sejumlah gereja-gereja yang berada di Kota Palangka Raya.

Kunjungan tersebut dilakukan, untuk memastikan umat Kristiani dapat menjalankan ibadah Natal di gereja dapat berjalan lancar aman dan tanpa ada gangguan apapun.

"Dalam kunjungan ke sejumlah gereja seperti Gereja Sion di Jalan Tjilik Riwut Km 1, Gereja Katedral Jalan Tjilik Riwut Km 1, Gereja HKBP, dan Gereja YHS di Jalan RTA Milono Kota Palangka Raya, peribadatan umat Kristiani dapat berjalan lancar dan hikmat," ucapnya.

Dari pantauan di lapangan, selain mengunjungi sejumlah gereja-gereja di Palangka Raya orang nomor satu di lingkup Polda Kalteng tersebut juga memberikan bingkisan parsel terhadap anggota yang bertugas di sejumlah gereja tersebut.