Pemkab ambil sejumlah tindakan atasi abrasi di Desa Baru dan Muara Talang

id Pemkab barsel, penjabat bupati barsel, lisda arriyana, dusun selatan, ablasi, abrasi, desa baru, desa muara talang, barsel, barito selatan

Pemkab ambil sejumlah tindakan atasi abrasi di Desa Baru dan Muara Talang

Penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana saat meninjau lokasi terjadinya abrasi di Desa Baru, Kecamatan Dusun Selatan, Senin sore (9/1). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah akan melakukan sejumlah langkah atau tindakan dalam mengatasi abrasi di Desa Baru dan Muara Talang, Kecamatan Dusun Selatan.

Penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana saat meninjau lokasi sekaligus memberi bantuan kepada warga terdampak di Desa Baru dan Desa Muara Talang, Senin sore, mengatakan, untuk langkah awal pihaknya akan memindahkan pembangunan jalan pada lokasi abrasi ke bagian belakang desa.

"Pemindahan pembangunan jalan dari lokasi abrasi menuju ke bagian belakang desa tersebut nantinya akan dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Barito Selatan," terangnya.

Dikatakan Lisda, dalam waktu dekat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan akan melakukan konfirmasi kembali terkait rencana pembangunan turap beton yang akan dilaksanakan DPUPR Kalimantan Tengah yang anggarannya sebesar Rp17 miliar pada 2023 ini.

"Karena, kita sebelumnya telah mengusulkan pembangunan turap beton tersebut ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kalimantan Tengah," jelasnya.

Baca juga: Disnakertrans Barsel: Perusahaan wajib sesuaikan standar pengupahan sesuai UMK

Selain di Desa Baru, pihaknya juga melakukan sejumlah langkah lainnya dalam mengatasi abrasi yang terjadi di Desa Muara Talang, salah satunya dengan melakukan relokasi rumah penduduk yang hampir terkena ablasi.

"Kita berharap dengan adanya sejumlah langkah-langkah tersebut dapat mengatasi abrasi yang terjadi Desa Baru dan Muara Talang," kata dia.

Lisda juga menyampaikan, dalam peninjauan tersebut dirinya juga menyerahkan bantuan sembako kepada warga terdampak di dua desa. Untuk Desa Baru, walaupun yang terdampak empat kepala keluarga (KK), namun bantuan tetap kita serahkan kepada 20 KK yang pemukimannya tidak jauh dari lokasi abrasi dan untuk nama penerimanya sudah didata kepala desa.

Selain di Desa Baru, pihaknya juga menyerahkan bantuan sembako untuk 20 KK yang rumahnya hampir terkena abrasi di Desa Muara Talang. Saat peninjauan, Lisda Arriyana didampingi sejumlah kepala dinas dan kepala bidang pada sejumlah satuan organisasi perangkat daerah setempat serta Pelaksana Harian (Plh) Camat Dusun Selatan, Mario Aan.

Baca juga: Pemkab Barito Selatan salurkan bantuan korban abrasi di Desa Baru