Legislator Palangka Raya ajak masyarakat aktif mendonor darah ke PMI

id DPRD kota Palangka Raya,M Khemal Nasery,Donor Darah,PMI Kota Palangka Raya,Kalteng,Legislator Palangka Raya ajak masyarakat aktif mendonor darah ke PM

Legislator Palangka Raya ajak masyarakat aktif mendonor darah ke PMI

Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah M Khemal Nasery melaksanakan donor darah rutin. ANTARA/M Khemal Nasery

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah M Khemal Nasery mengajak masyarakat di daerah itu agar aktif dalam mendonorkan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) yang berada di kota setempat.

"Donor darah itu sehat untuk tubuh, bahkan manfaatnya sangat banyak bagi masyarakat yang memerlukan darah baik untuk pasca operasi maupun hal lainnya," katanya di Palangka Raya, Minggu.

Khemal yang juga tercatat sebagai anggota PMI Kota Palangka Raya menuturkan, kesadaran masyarakat dalam mendonor darah perlu ditingkatkan.

Sebab, kebutuhan darah bagi pasien rumah sakit di 'Kota Cantik' Palangka Raya sangat tinggi. Sampai-sampai petugas PMI kewalahan untuk menyediakan darah bagi masyarakat.

"Ya saya harapkan masyarakat baik tua muda dapat mendonorkan darahnya ke PMI, karena darah yang didonorkan sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami kondisi seperti kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, thalasemia, hingga kanker darah," ucapnya.

Anggota DPRD Kota Palangka Raya itu yang tergabung di Komisi B tersebut menegaskan, bagi masyarakat yang saat ini sedang fokus untuk menurunkan berat badan, donor darah secara rutin tentunya dapat menjadi salah satu cara yang baik.

Alasan donor darah dapat menurunkan berat badan adalah karena rata-rata orang dewasa, dapat membakar 650 kalori saat mendonorkan 450 mililiter darahnya.

Politisi Golkar Kota Palangka Raya tersebut juga mengajak masyarakat, untuk terus menerapkan perilaku pola hidup sehat dan segera lakukan donor darah di PMI maupun unit donor darah atau bisa juga melalui kegiatan donor darah yang dilakukan di tempat umum seperti pusat perbelanjaan, perusahaan yang dilakukan secara sukarela.

"Sekali lagi dengan mendonorkan darah kita, tubuh kita sehat karena di dalam tubuh kita memproduksi darah baru yang kualitasnya sangat baik bagi tubuh," tutup Khemal Nasery.