BKKBN beri layanan KB awal tahun di dua wilayah DAS Barito

id Bkkbn kalteng, keluarga berencana, pelayanan kb, tni, ibi, ikatan bidan indonesia, buntok, tamiang layang, bangga kencana, barito timur, barito selata

BKKBN beri layanan KB awal tahun di dua wilayah DAS Barito

Pelayanan KB awal 2023 di Pematang Karau, Barito Timur, (18/1/2023). (ANTARA/HO-BKKBN Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Tengah bergerak cepat melaksanakan berbagai program dan kegiatan untuk menyukseskan Bangga Kencana, di antaranya dengan memberikan pelayanan KB sejak awal 2023.

"Dalam rangka pelayanan KB bergerak serentak awal 2023 kami berkolaborasi di antaranya bersama Kodim 1012 Buntok dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) di Barito Selatan dan Barito Timur," kata Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Tengah Dadi Ahmad Roswandi di Palangka Raya, Jumat.

Bangga Kencana adalah akronim dari Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana, merupakan salah satu program unggulan BKKBN untuk menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan serta berfokus mewujudkan keluarga berkualitas.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kolaborasi yang telah dilaksanakan di Barito Selatan dan Barito Timur tersebut yakni melakukan pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) berupa implan di Klinik Kesehatan Kodim 1012 Buntok Barito Selatan dan di Balai Penyuluhan KB Kecamatan Pematang Karau, Barito Timur.

Baca juga: Gubernur temui Menpan RB, perkuat digitalisasi dalam layanan publik

Dalam kegiatan pelayanan di Klinik Kesehatan Kodim 1012 Buntok berhasil dilayanani sebanyak 10 akseptor dengan metode kontrasepsi implan dan pelayanan yang dilaksanakan di Balai Penyuluh KB Pematang Karau berhasil dilayani sebanyak tiga akseptor KB implan.

Lebih lanjut Dadi meminta para petugas yang mendampingi pelayanan KB MKJP, agar mengarahkan akseptor yang telah melakukan pemasangan alat kontrasepsi segera melaporkan data akseptor, melalui link atau tautan yang telah disiapkan BKKBN, sehingga data akseptor segera termonitor secara berkala dan terus diperbaharui.

Sementara itu Pejabat Fungsional Ahli Madya BKKBN Kalimantan Tengah Nurolijah menambahkan, agar para Petugas Keluarga Berencana (PKB) terus meningkatkan sinergi bersama lintas sektor.

"Termasuk dengan para bidan guna meningkatkan semua program Bangga Kencana di lapangan, termasuk program percepatan penurunan stunting," pintanya.

Baca juga: KLHK diharapkan segera terbitkan SK Program TORA empat kabupaten di Kalteng

Baca juga: Pasar murah beras Pemprov Kalteng di Sampit diserbu warga