Program Jumat Sehat OPD gagasan Bupati Bartim dibagi empat zonasi

id program sehat bartim, jumat sehat bartim, bartim, kalimantan tengah, kalteng, Bupati Bartim, Ampera AY Mebas

Program Jumat Sehat OPD gagasan Bupati Bartim dibagi empat zonasi

Bupati Bartim Ampera AY Mebas didampingi kepala OPD dan pegawai serta siswa siswi SMKN 2 Tamiang Layang mengikuti senam bersama Jumat Sehat di RTH Nansarunai di Tamiang Layang, Jumat (03/2/2023). ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim.

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas menyatakan bahwa dirinya telah memnbuat program senam atau olahraga bersama antara organisasi perangkat daerah (OPD), yang dilaksanakan setiap akhir pekan atau Jumat dan dibagi dalam empat zonasi.

Adapun keempat zonasi itu yakni di Longkang yang peruntukannya bagi OPD yang ada di wilayah Desa Jaar dan sekitarnya, kata Ampera di Tamiang Layang, Senin. 

"Kemudian di Ruang Terbuka Hijau Nansarunai untuk OPD yang ada di Jalan Nansarunai, dan di Tamiang Layang bisa di Kantor Bupati Bartim atau Sekretariat DPRD Bartim, serta Simpang Badung Jalan E Boekaman," ucapnya.

Menurut dirinya, senam bersama antara OPD dimaksudkan untuk terciptanya komunikasi antar sesama pegawai dan penguatan silaturahmi serta terciptanya kebugaran dan kesehatan bagi seluruh pegawai di Kabupaten Barito Timur. Nantinya OPD penyelenggara dilaksanakan bergantian. Dicontohkan Ampera, di wilayah Longkang Desa Jaar bisa di Bappedalitbang diikuti pegawai instansi terdekat seperti Dishub, Budparpora, Inspektorat dan BPBD dan Damkar.

"Demikian pula dengan OPD yang ada di wilayah Tamiang Layang dan di Simpang Bandung. Sedangkan untuk di RTH Nansarunai, diharapkan bisa terlaksana senam bersama dengan para guru dan pelajar setempat yang ada di di Jalan Na," beber Ampera.

Baca juga: Pemkab Bartim siapkan Rp2,3 miliar untuk kelistrikan Dusun Tange Landa

Untuk mempercepat pelaksanaannya, Bupati Barito Timur AMpera AY Mebas sudah memerintahkan Sekretaris Daerah Panahan Moetar untuk menyampaikan kepada masing-masing pimpinan OPD dimaksud.

Pria yang meraih gelar dokter di bidang ekonomi itu juga mengharapkan camat beserta pegawai tiap kecamatan juga melaksanakan senam bersama melalui Program Jumat Sehat, yang tidak lain merupakan bagian dari upaya mewujudkan Barito Timur Sehat di luar peningkatan infrastruktur, sarana dan prasarana kesehatan.

"Semoga Jumat depan sudah mulai terlaksana," demikian Ampera.

Baca juga: Bupati Bartim minta pengoptimalan musrenbang setiap jenjang

Baca juga: Bupati Bartim: Kades dan BPD harus berkolaborasi dalam membangun desa

Baca juga: Bupati Bartim harapkan Balai Adat Hayaping dimanfaatkan maksimal