Bupati Bartim minta pengoptimalan musrenbang setiap jenjang

id Pemkab bartim, musrenbang bartim, bupati bartim ampera ay mebas, tamiang layang, bartim, barito timur

Bupati Bartim minta pengoptimalan musrenbang setiap jenjang

Musrenbangcam 2023 di Tamiang Layang, Rabu, (1/2/2023). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas mengatakan, musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tingkat kecamatan 2023 bertujuan mengakomodir sebagian besar usulan masyarakat secara bertahap dan berkesinambungan.

“Selanjutnya akan tertuang di dalam rencana kerja (renja) perangkat daerah tahun anggaran 2024,” kata Ampera saat memberi arahan dalam musrenbangcam 2023 di Tamiang Layang, Rabu.

Menurutnya, seluruh kecamatan akan menginput hasil musrenbang desa baik secara online maupun offline menggunakan aplikasi SIPD, sehingga ke depan usulan musrenbang desa maupun kecamatan yang tidak terakomodir tidak hilang begitu saja.

Dengan demikian akan ada daftar prioritas dan daftar tunggu untuk program dan kegiatan untuk dilaksanakan pada tahun anggaran berikutnya.

Pria nomor satu di Kabupaten Barito Timur itu mengharapkan adanya perbaikan dan sistem perencanaan dari penyelenggaraan musrenbang, agar tahun-tahun mendatang semakin baik lagi dengan melibatkan unsur-unsur pengambil kebijakan.

Baca juga: DPRD Bartim minta anak di bawah umur dilarang berkendara

Hal ini dimaksudkan agar semua pihak dapat mengetahui secara jelas apa yang menjadi prioritas pembangunan sesuai kebutuhan masing-masing wilayah desa atau kelurahan dan kecamatan, berdasarkan kemampuan dan ketersediaan keuangan daerah.

Ditegaskan Ampera, pembangunan Kabupaten Barito Timur 2024 berlandaskan pada pelaksanaan, pencapaian dan keberlanjutan pembangunan tahun-tahun sebelumnya.

“Tema pembangunan Barito Timur pada 2024 adalah pengembangan ekonomi daerah melalui optimalisasi sumber daya lokal disertai peningkatan kualitas jaringan infrastruktur dan sumber daya manusia yang handal,” jelasnya.

Ditambahkan Ampera, untuk menjawab tema pembangunan 2024 maka yang harus dilakukan adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), peningkatan infrastruktur, struktur perekonomian, pengembangan industri berbasis kawasan dan optimalisasi sumber daya lokal.

“Pada 2024 nanti diharapkan masyarakat Barito Timur menjadi masyarakat yang maju, handal dalam menyelesaikan berbagai masalah dan lebih mandiri, dengan memaksimalkan segala potensi daerah dan mampu memberikan kontribusi terbaik bagi pembangunan daerah di Barito Timur,” demikian Ampera AY Mebas.

Baca juga: Bupati Bartim: Kades dan BPD harus berkolaborasi dalam membangun desa

Baca juga: BPBD ingatkan semua pihak waspada kebakaran hutan dan lahan di Bartim