Pemkab Bartim siapkan Rp2,3 miliar untuk kelistrikan Dusun Tange Landa

id Pemkab Bartim siapkan Rp2,3 miliar untuk kelistrikan Dusun Tange Landa, kalteng, bartim, Barito timur

Pemkab Bartim siapkan Rp2,3 miliar untuk kelistrikan Dusun Tange Landa

Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas menunaikan harapan warga Dusun Tange Landa Desa Kalamus, Kecamatan Paku untuk mengalirkan listrik.

“Kita sudah memasukkan anggaran sebesar Rp2,3 miliar pada APBD 2023 ini yang dipergunakan untuk pembangunan jaringan listrik di Dusun Tange Landa Desa Kalamus,” kata Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Jumat.

Menurutnya, Dusun Tange Landa tidak masuk skala prioritas pemerintah pusat dalam program kelistrikan karena tidak berstatus desa melaikan berstatus dusun. Sedangkan Desa Kalamus yang merupakan induk dari Dusun Tange Landa tercatat sebagai desa berlistrik.

Menyikapi itu, Pemerintah Kabupaten Barito Timur berupaya keras menunaikan harapan masyarakat Barito Timur untuk bisa menikmati pembangunan di bidang energi listrik dan infrastruktur jalan dan jembatan, salah satunya di Dusun Tange Landa.

Baca juga: DPRD Bartim dukung pemenuhan sarana prasarana RSUD Tamiang Layang

Infrastruktur dan jaringan listrik ke Dusun Tange Landa kemungkinan besar menyambung dari jaringan listrik yang sudah ada di Dusun Gunung Karasik Desa Apar Batu Kecamatan Awang.

Dijelaskan orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Barito Timur itu, desa yang diusulkan dan kemungkinan besar diakomodasi melalui program kelistrikan pada pemerintah pusat yakni Desa Kalinapu Kecamatan Paju Epat dan Desa Muara Awang Kecamatan Dusun Tengah.

“Jika pembangunan jaringan listrik pada daerah tersebut semuanya selesai, maka  100 persen wilayah perdesaan di Kabupaten Barito Timur berlistrik,” kata Ampera.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2021, sudah ada 34.454 rumah tangga berlistrik di Kabupaten Barito Timur. Terbesar di Kecamatan Dusun Timur sebanyak 11.424 Rumah Tangga disusul Kecamatan Dusun Tengah sebanyak 7.755 rumah tunggu.

Baca juga: Realisasi PTSL BPN Bartim tercapai 100 persen

Baca juga: Bupati Bartim minta pengoptimalan musrenbang setiap jenjang

Baca juga: Bupati Bartim: Kades dan BPD harus berkolaborasi dalam membangun desa