Operasi Keselamatan Telabang diharap tingkatkan kesadaran berlalu lintas warga Gumas

id Operasi Keselamatan Telabang diharap tingkatkan kesadaran berlalu lintas warga Gumas, Kalteng, gumas, Gunung mas

Operasi Keselamatan Telabang diharap tingkatkan kesadaran berlalu lintas warga Gumas

Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Akerman Sahidar (tengah) dan lainnya saat menghadiri upacara gelar pasukan Operasi Keselamatan Telabang 2023 di Kuala Kurun, Selasa (7/2/2023). ANTARA/HO-Polres Gunung Mas

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Akerman Sahidar menyambut baik pelaksanaan Operasi Keselamatan Telabang 2023 di wilayah setempat.

“Saya harap pelaksanaan Operasi Keselamatan Telabang akan meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga Gunung Mas, untuk mematuhi aturan lalu lintas,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu.

Selama ini kesadaran warga Gunung Mas dalam berlalu lintas sudah baik. Namun hendaknya kesadaran itu dapat ditingkatkan, demi keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Politisi PDI Perjuangan ini mengingatkan, jangan sampai warga menaati aturan lalu lintas karena takut ditilang. Warga hendaknya menyadari bahwa aturan lalu lintas harus ditaati, demi keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Lebih lanjut, pria kelahiran Kelurahan Rabambang, Kecamatan Rungan Barat ini berharap sosialisasi terkait tertib lalu lintas semakin digencarkan. Sosialisasi bisa dilakukan secara tatap muka langsung maupun menggunakan berbagai media.

Baca juga: Gumas targetkan angka stunting turun di bawah 14 persen

“Sosialisasi harus digencarkan kepada warga, khususnya generasi muda,” kata wakil rakyat dari daerah pemilihan II, yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini

Sebelumnya, Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra mengatakan Operasi Keselamatan Telabang 2023 dilaksanakan mulai 7-20 Februari 2023.

Sasarannya yakni pengendara yang menggunakan telepon seluler, di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI (Standar Nasional Indonesia), pengemudi dalam pengaruh alkohol.

Sasaran lainnya adalah pengendara kendaraan bermotor yang melawan arus, pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman, pengemudi ugal-ugalan, serta pelanggaran over dimension over load.

“Dalam pelaksanaannya ada 23 personel Polres Gunung Mas yang terlibat pada Operasi Keselamatan Telabang 2023. Polres juga melibatkan TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, serta Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Perhubungan Gunung Mas,” demikian Asep.

Baca juga: Tim Pakem Gumas waspadai penyebaran aliran menyimpang melalui media sosial

Baca juga: Ciptakan kamseltibcar lantas, Polres Gumas laksanakan Operasi Telabang

Baca juga: Ketua DPRD berharap Gunung Mas bebas kaki gajah