Pasar Ramadhan Kapakat Itah Berkah bantu peningkatan perekonomian daerah

id Pasar Ramadhan Kapakat Itah Berkah, dad kalteng, dewan adat dayak, agustiar sabran, mui kalteng, majelis ulama indonesia, ramadhan, kalteng, kalimanta

Pasar Ramadhan Kapakat Itah Berkah bantu peningkatan perekonomian daerah

Pembukaan Pasar Ramadhan Kapakat Itah Berkah 1444 Hijriah di Palangka Raya, Kamis, (23/3/2023). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pelaksanaan Pasar Ramadhan Kapakat Itah Berkah 1444 Hijriah resmi dibuka dan diselenggarakan di halaman Masjid Raya Darussalam Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah pada Kamis (23/3) sore.

"Kami harapkan keberadaan Pasar Ramadhan Kapakat Itah Berkah ini membantu peningkatan perekonomian daerah," kata Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng Agustiar Sabran dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya.

Melalui penyediaan stan untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) baik di bidang kuliner maupun lainnya, diharapkan dapat semakin memacu percepatan pertumbuhan ekonomi.

Adapun pasar Ramadhan ini diikuti oleh 75 pelaku UMKM baik kuliner maupun non kuliner. Selain itu juga disertai rangkaian kegiatan, di antaranya gelaran pasar penyeimbang serta lainnya.

Asisten Pamkesra Setda Kalteng Katma F. Dirun mengapresiasi pelaksanaan Pasar Ramadhan Kapakat Itah Berkah 1444 Hijriah, karena sangat strategis dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Baca juga: Kalimantan Tengah zona hijau capaian MCP

Lebih lanjut dia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat agar bersama-sama menjaga toleransi di tengah-tengah keragaman yang ada khususnya dalam bulan suci Ramadhan ini.

"Mari kita selalu merawat keberagaman itu sehingga silaturahmi di antara kita dapat terjaga dengan baik," ajaknya.

Ketua MUI Kalteng Khairil Anwar juga turut mengapresiasi dan khususnya kepada DAD Kalteng, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) serta UMKM atas kerjasamanya dengan Masjid Raya Darussalam menyelenggarakan pasar Ramadhan ini.

“Kita upayakan supaya masyarakat bisa kumpul di sini kemudian bisa berdagang dan juga bisa menggunakan kesempatan jual beli di sini," tuturnya.

Adapun kegiatan ini merupakan kolaborasi dan turut didukung oleh jajaran industri jasa keuangan, organisasi keagamaan dan lainnya, hingga media massa.

Baca juga: Disdagperin Kalteng ajak masyarakat bangga gunakan produk dalam negeri