Masih ditemukan pangan kedaluwarsa di Sampit

id Masih ditemukan pangan kedaluwarsa di Sampit, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, BBPOM, Lebaran, ramadhan

Masih ditemukan pangan kedaluwarsa di Sampit

Kepala BBPOM Palangka Raya Safriansyah didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur Umar Kaderi memberikan keterangan pers usai pemeriksaan pangan di belasan tempat usaha di Sampit, Selasa (4/4/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Kegiatan pengawasan oleh tim gabungan di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur masih menemukan produk pangan yang tidak laik konsumsi karena kedaluwarsa atau rusak serta tanpa izin edar. 

"Jenis pangan yang dominan ditemukan yaitu ikan kaleng yang penyok, bumbu dapur kedaluwarsa dan produk susu," kata Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Palangka Raya Safriansyah di Sampit, Selasa. 

Selain BBPOM Palangka Raya, tim gabungan terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Satuan Polisi Pamong Praja dan Polres Kotawaringin Timur. Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur Umar Kaderi. 

Safriansyah menjelaskan, pengawasan pangan menjelang Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah dilakukan seiring peningkatan peredaran pangan, baik pangan olahan maupun bahan baku pangan. Kegiatan ini selalu dilaksanakan pada momen hari besar keagamaan. 

Ini merupakan upaya preventif dan kewaspadaan terhadap adanya peredaran pangan yang tidak memenuhi persyaratan keamanan yang dapat berisiko terhadap kesehatan. 

Dalam kegiatan hari ini tim menyisir sebanyak lima toko, tujuh swalayan, satu distributor dan satu supermarket. Hasil pemeriksaan didapatkan ada empat sarana pangan yang tidak memenuhi persyaratan yakni menjual produk yang kedaluwarsa atau rusak

Dari empat sarana itu ditemukan satu jenis pangan tanpa izin edar sebanyak 40 buah, 14 jenis pangan kedaluwarsa sebanyak 40 buah dan 34 jenis pangan rusak atau penyok ada 45 buah. 

Menurut Safriansyah, pihaknya melihat memang masih ada potensi penjualan pangan olahan yang tidak terawasi oleh pelaku-pelaku usaha dalam mendistribusikannya. 

Idealnya pelaku usaha harus mengontrol setiap saat dari etalase atau pajangan yang ada di sarana mereka untuk memeriksa kemungkinan adanya produk yang rusak. 

Baca juga: Posko arus mudik di Pelabuhan Sampit dibuka lebih awal

Pemeriksaan juga dilakukan terhadap parsel pangan yang mulai banyak dijual. Ini perlu diwaspadai karena parsel biasanya lama baru dikonsumsi. Hasil pemeriksaan dinyatakan sudah sesuai aturan, yakni tanggal kedaluwarsanya umumnya lebih dari enam bulan. 

Dia mengingatkan, dalam ketentuan perundang-undangan, menjual produk yang kedaluwarsa atau rusak dapat diberi sanksi administratif yaitu produknya ditarik dan dimusnahkan. Bahkan bisa juga sampai dilakukan penghentian usahanya untuk mendistribusikan atau dicabut izin usahanya. 

"Tentu ada tahapan-tahapannya. Nanti akan kami lakukan pembinaan-pembinaan dan juga melihat track record apakah tahun sebelumnya sudah pernah juga dan apakah meningkat temuannya," demikian Safriansyah. 

Sementara itu Store General Manager Hypermart, Sutrisno menyambut positif Hypermart menjadi salah satu lokasi yang didatangi tim pengawas. Hasilnya pun semua dinyatakan sudah sesuai aturan. 

Pihaknya justru sangat berterima kasih ada instansi terkait mengawasi sehingga pihaknya selalu sesuai aturan. Pengawas itu juga memberi kesan yang baik kepada masyarakat bahwa berbelanja di tempat ini lebih aman dan nyaman. 

"Setiap momen besar, minimal setahun dua kali dilakukan inspeksi mendadak dan pengawasan. Kami semua menyambut baik itu karena biar bagaimanapun kita perlu pengawasan. Barang-barang yang kita jual, khususnya produk makanan harus benar-benar dalam pengawasan," kata Sutrisno. 

Sutrisno menambahkan pihaknya sudah memiliki sertifikasi halal. Selain itu setiap enam bulan dilakukan audit internal untuk menjamin kualitas dan keamanan produk yang dijual. 

"Kalai ada barang kedaluwarsa kami kembalikan kepada suplier, kalau memang masih bisa. Tapi kalau tidak bisa maka itu kami musnahkan dan kami data," demikian Sutrisno. 

Baca juga: Stok bahan pangan pokok di Kotim aman hingga Lebaran

Baca juga: Kekurangan armada, ribuan pemudik melalui Pelabuhan Sampit terancam tidak terangkut

Baca juga: Korban keracunan kue di Sampit jadi 84 orang