BPJS Kesehatan hadirkan posko mudik di jalur darat dan laut

id bpjs kesehatan,posko mudik,jalur darat dan laut

BPJS Kesehatan hadirkan posko mudik di jalur darat dan laut

Direktur Utama BPJS Kesehatan Gufron Mukti (kiri) saat menyampaikan keterangan pers Pelayanan JKN Saat Libur Lebaran 2023 di Gedung Pusat BPJS Kesehatan Jakarta, Kamis (6/4/2023). (ANTARA/Andi Firdaus)

Jakarta (ANTARA) - BPJS Kesehatan menghadirkan posko mudik di lima titik jalur darat dan laut yang padat pemudik Lebaran 2023 guna mempermudah akses pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"BPJS Kesehatan telah menyiapkan tim Posko Terpadu Siaga Ramadhan dan Idul Fitri (Posko Rafi)," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti dalam konferensi pers Pelayanan JKN Saat Libur Lebaran 2023 di Gedung Pusat BPJS Kesehatan Jakarta, Kamis.

Lima posko mudik tersebut di Terminal Pulo Gebang Jakarta, rest area Tol Cikampek KM 57, rest area Tol Ungaran KM 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

Khusus pada agenda arus balik, kata Ghufron, pihaknya menambah satu posko arus balik di rest area Tol Banjartama KM260 B, Brebes.

"Lima lokasi posko itu kami pilih karena pertimbangan situasi pengakses layanan yang cukup tinggi berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya," kata Ghufron.

Baca juga: KTP sebagai syarat berobat berlaku di seluruh daerah

Saat ditanya terkait ketiadaan posko layanan bagi pengguna transportasi kereta api maupun pesawat, Ghufron menyebut izin yang ditempuh masih relatif rumit.

"Kami sudah mengevaluasi, ada di terminal, rest area dan lainnya, ternyata permintaan paling banyak di rest area. Stasiun sempat dijajaki, tapi lebih sulit birokrasinya," kata Ghufron.

Sementara itu sejumlah fasilitas yang tersedia di posko mudik meliputi layanan periksa kesehatan hingga pijat refleksi menggunakan mesin agar peserta tetap segar dan bugar selama menempuh perjalanan mudik.

Ia menambahkan jumlah posko yang disiapkan pada agenda mudik tahun ini relatif sama dengan penyelenggaraan agenda serupa beberapa tahun sebelumnya.

"Kita tidak kurangi, kita samakan jumlah poskonya," kata Ghufron Mukti.

Baca juga: BPJS Kesehatan: Peserta JKN bisa akses pelayanan di masa libur Lebaran