Satu rumah di Buntok ambruk akibat ablasi Sungai Barito

id Satu rumah di Buntok ambruk akibat ablasiSungai Barito, kalteng, barsel, Barito selatan, buntok, ablasi

Satu rumah di Buntok ambruk akibat ablasi Sungai Barito

Rumah ambruk dan TRC BPBD saat berada di lokasi kejadian di Buntok, Minggu (9/4/2023). ANTARA/HO-BPBD Barsel

Buntok (ANTARA) - Sebuah rumah di Jalan Karau Gang Swarga Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah ambruk akibat ablasi atau pengikisan tanah di bantaran Sungai Barito.

"Kejadian tersebut terjadi pada Minggu (9/4) sekitar pukul 19.30 WIB," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Selatan, Alip Suraya melalui Kasi Kedaruratan dan Logistik, Suwono di Buntok, Minggu malam.

Ia mengatakan, rumah yang ambruk akibat ablasi di bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito tersebut merupakan tempat tinggal milik almarhum Haji Samsul dan Ancin Mawarni (42).

"Rumah yang ambruk milik almarhum H. Samsul dan Ancin Mawarni tersebut dengan ukuran 10x10 meter yang di atasnya ada bangunan sarang walet," jelas Suwono.

Ia menerangkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ambruknya satu unit rumah terjadi di Kecamatan Dusun Selatan tersebut.

"Sebelum rumah itu ambruk, ibu Ancin Mawarni bersama tiga orang anak beberapa hari sebelumnya sudah mengungsi ke rumah keluarga mereka karena takut rumah ambruk, sehingga dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa," terangnya.
Rumah ambruk dan TRC BPBD saat berada di lokasi kejadian di Buntok, Minggu (9/4/2023). ANTARA/HO-BPBD Barsel

Menurut dia, setelah mengetahui informasi adanya rumah ambruk, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Barito Selatan langsung menuju lokasi kejadian.

"Setelah mendapatkan informasi, TRC BPBD Barito Selatan langsung menuju ke lokasi kejadian yang berada Jalan Karau Gang Swarga Buntok," tambah Suwono.

Dikatakannya, pihaknya juga memberikan bantuan berupa paket sembako kepada korban dan warga yang berada di sekitar yang juga terdampak.

Suwono mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang rumahnya berada di pinggir DAS Barito agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya ablasi.

"Kita juga mengimbau kepada masyarakat, kalau bisa jangan membangun rumah atau bangunan lainnya di pinggir sungai agar bangunannya terhindar dari ablasi," demikian Suwono.

Baca juga: Pj Bupati Barsel: Al Quran sebagai landasan keimanan bagi umat Islam

Baca juga: Demokrat Barsel sampaikan surat ke PN Buntok dukung AHY

Baca juga: Pemkab Barsel salurkan bantuan korban banjir di enam kecamatan