Disbudpora Kapuas diminta segera proses pencairan dana hibah cabang olahraga

id Percasi kapuas, kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Dinas Budpora Kapuas, kalteng, Ketua Percasi Kapuas, Alfian

Disbudpora Kapuas diminta segera proses pencairan dana hibah cabang olahraga

Ketua Percasi Kabupaten Kapuas Alfian. ANTARA/ All Ikhwan.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pengurus Cabang Olahraga Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, meminta Dinas Budpora setempat segera memproses pencairan dana hibah untuk cabang olahraga.

"Dana itu sangat dibutuhkan untuk persiapan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalteng, yang tinggal beberapa bulan lagi," kata Ketua Percasi Kabupaten Kapuas Alfian di Kuala Kapuas, Senin.

Dikatakannya, hingga saat ini dana hibah belum ada kejelasan kapan pencairannya, sementara persiapan atlet baik itu latihan sparing dan persiapan kelengkapan sangat dibutuhkan.

"Persiapan atlet ini perlu dana hibah cabang olahraga untuk menunjang prestasi itu, karena diketahui di Kejurprov sebelumnya Percasi menyumbangkan dua emas, perunggu, dan perak untuk Kabupaten Kapuas. Nah ini yang harus dipertahankan kalau perlu ditingkatkan lagi," katanya.

Sampai saat ini, hibah cabang olahraga  belum jelas kapan bisa dicairkan, padahal menurut jadwal Kejurprov akan dilaksanakan bulan Juni mendatang. Sementara pihaknya sudah sejak lama mengajukan permohonan pencairan dana hibah tersebut ke Disbudpora kabupaten setempat. Dan bahkan pihaknya sudah sering melaksanakan koordinasi ke Disbudpora tentang hal ini.

 "Jadi tinggal satu bulan lebih saja lagi, padahal dana ini sangat penting untuk digunakan latihan keluar daerah untuk memacu pikiran dan strategi dalam bermain catur lebih luas. Prestasi ini perlu adanya biaya yang cukup untuk menunjang atlet kami," jelasnya.

Baca juga: Jembatan titian kayu di Kapuas rusak akibat diterjang air pasang

Untuk itu, Alfian berharap kepada Disbudpora setempat, untuk dapat segara memproses pencairan dana hibah tersebut, agar cabang olahraga dengan segera mempersiapkan kebutuhan mereka dalam menghadapi Porprov Kalteng di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Saya harapkan peran serta pemerintah daerah agar perhatikan ini, demi kemajuan dan persiapan yang matang untuk olahraga di Kapuas, terutama olahraga catur," demikian Alfian.

Baca juga: Dinas Perhubungan periksa kelayakan kapal feri di Kapuas, berikut hasilnya

Baca juga: Ketua DPRD: Pasar murah Kejari Kapuas bantu warga penuhi keperluan Lebaran

Baca juga: Nafiah Ibnor resmi jabat Plt Bupati Kapuas