Tindak lanjuti perintah gubernur, PUPR Kalteng bangun 23 posko arus mudik 2023

id pupr kalteng, dinas pupr kalteng, kepala dinas pupr kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah Shalahuddin, posko arus mudik di kalteng, posko pupr kalteng

Tindak lanjuti perintah gubernur, PUPR Kalteng bangun 23 posko arus mudik 2023

Salah satu alat berat dan posko yang disediakan Dinas PUPR dalam memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat saat mudik maupun balik saat Lebaran 2023. ANTARA/HO-PUPR Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Tengah Shalahuddin mengakui, pihaknya telah menyiapkan sejumlah alat berat sekaligus mendirikan 23 posko arus mudik dan balik selama Lebaran 2023, sebagai upaya menindaklanjuti perintah dari Gubernur Sugianto Sabran.

Sebanyak 23 posko tersebar di berbagai ruas jalan provinsi itu bertugas memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran tahun ini, kata Shalahuddin melalui rilis diterima di Palangka Raya, Selasa.

"Intinya, kami telah mempersiapkan berbagai hal menindaklanjuti perintah bapak gubernur terkait pengamanan terhadap angkutan barang maupun masyarakat selama arus mudik dan balik Lebaran," ucapnya.

Dirinya pun membenarkan bahwa masih ada sejumlah ruas jalan yang rawan terjadi kecelakaan akibat tingginya aktivitas kendaraan selama arus mudik dan balik. Di mana ruas jalan itu yakni Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama - Riam Durian, Riam Durian - Sukamara, Sp Kenawan - Riam Durian, Sukamara - Lunci Jelai, Pelantaran - Parenggean - Tumbang Sangai. 

Kemudian ruas jalan Tumbang Sangai - Tumbang Kalang, Sp bangkai - T Pulang - Kuala Pembuang, Sampit - Samuda - Ujung Pandaran, Ujung Pandaran - Kuala Pembuang, Sp Pundu - Tumbang Samba, Pulang Pisau - Pangkoh - Bahaur, Dadahup/G1 - Lamunti, ruas jalan Bukit Liti - Bawan, Bawan - Kuala Kurun, 

Baca juga: Gubernur berharap harga minyak goreng di Kalteng lebih murah

Kemudian, ruas jalan Dadahup/G1 - Lamunti, ruas jalan Bukit Liti - Bawan, ruas jalan Bawan - Kuala Kurun, ruas jalan Kuala Kurun - Linau - Tumbang Jutuh, Lingkar Kota Muara Teweh, Telang Siong - Bangkuang, Sp Patas - Tabak Kanilan - Rikut Jawu, Sudirman-Yos Sudarso Puruk Cahu, serta G Obos dan sekitaran Kota Palangka Raya.

"Rawan di sini bukan karena kondisi jalan yang rusak ya, melainkan tingkat kecelakaan. Di sinilah kami himbau masyarakat yang mudik maupun balik saat Lebaran tahun ini harus lebih berhati-hati. Jalan di Kalteng sudah dalam kondisi mantap," kata Shalahuddin.

Sebelumnya, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengatakan telah meminta Dinas PUPR Provinsi untuk membantu mengamankan jalan dan situasi selama arus mudik dan balik selama Lebaran tahun ini.

"Pengamanan itu bukan hanya terkait kondisi jalan dan jembatan, tapi juga membantu aparat kepolisian dan TNI serta pemerintah kabupaten/kota memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang mudik maupun balik selama lebaran tahun ini," demikian Sugianto.

Baca juga: Sambangi pasar di Sampit, gubernur sebut kenaikan harga masih terkendali

Baca juga: Gubernur Kalteng optimis RSUD di Hanau segera selesai dan beroperasional

Baca juga: Gubernur Kalteng gratiskan paket sembako untuk masyarakat Hanau