All New Honda Civic Type R jadi mobil FWD tercepat di Nurburgring

id Honda civic,all new honda civic type r,mobil fwd

All New Honda Civic Type R jadi mobil FWD tercepat di Nurburgring

All New Honda Civic Type R di Sirkuit Nurburging, Jerman. (ANTARA/Honda)

Jakarta (ANTARA) - Honda Motor Co., Ltd dengan bangga mengumumkan bahwa All New Honda Civic Type R kembali mendapat catatan waktu terbaiknya dan menjadikan mobil penggerak roda depan (FWD) tercepat di sirkuit Nurburgring, Jerman, dengan catatan waktu 7 menit 44.881 detik.

Honda Civic Type R Development Leader, Hideki Kakinuma dalam keterangan resmi, Jumat, mengatakan bahwa dengan mengusung konsep pengembangan Ultimate Sport 2.0, Honda mengembangkan Civic Type R generasi terbaru ini berdasarkan prestasi yang telah diraih Civic Type R generasi sebelumnya.

"Kami juga yakin bahwa mobil ini merupakan satu-satunya FWD yang dikembangkan berdasarkan nilai dasar Honda. Sejak diluncurkan pada September 2022 lalu, mobil ini telah berhasil mendapatkan berbagai tanggapan positif dari konsumen kami di seluruh dunia dimana tanggapan-tanggapan tersebut telah melebihi ekspektasi kami," kata Kakinuma.

Baca juga: Honda luncurkan All New Honda Civic Type R seharga Rp1 miliar lebih

Pada tahun ini, Honda Motor telah melakukan misinya seperti yang enam tahun lalu dilakukan, yaitu mencetak rekor lap tercepat untuk mobil FWD sports car di sirkuit Nurburgring.

"Kami berhasil untuk kembali mencetak rekor lap tercepat di Nurburgring. Kami berharap para konsumen kami dan juga para calon konsumen kami dapat menikmati Civic Type R dengan rasa bangga," ucap Kakinuma.

Rekor catatan waktu tersebut sebelumnya juga pernah ditorehkan oleh Honda Civic Type R generasi sebelumnya di sirkuit Nurburgring, Jerman pada tahun 2017.
Selain itu, All New Honda Civic Type R juga berhasil mencatatkan rekor mobil FWD tercepat di sirkuit Suzuka, Jepang pada tahun 2022 dengan catatan waktu 2 menit 23.120 detik.

Generasi terbaru dari Honda Civic Type R pertama kali diluncurkan di Jepang pada bulan September 2022 dan langsung disambut dengan antusias oleh para penggemarnya di seluruh dunia. Pada akhir Maret 2023, Honda Civic Type R  diluncurkan di Indonesia dengan desain agresif serta mesin dengan tenaga terbesar.

All New Honda Civic Type R merupakan model Civic tercepat yang pernah dibuat Honda. Desain All New Honda Civic Type R dikembangkan dengan konsep Ultimate SPORT 2.0 yang mengejar performa dari mobil balap dan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Honda Civic Type R generasi terbaru ini mengusung mesin 2.0 liter VTEC Turbo yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 319 PS dan torsi maksimal sebesar 420 Nm.