Mugen beri sentuhan ajaib pada Civic R 2023

id Civic R ,Mugen ,Tokyo Auto Salon 2023 Jepang,honda civic

Mugen beri sentuhan ajaib pada Civic R 2023

Ilustrasi Honda Civic R 2023 (ANTARA/HO-autoindustriya)

Jakarta (ANTARA) - Ajang Tokyo Auto Salon 2023 Jepang menghadirkan banyak hal menarik. Salah satunya sentuhan ajaib tuning house Mugen yang menghadirkan makeover pada Honda Civic Type R melalui upgrade pada bagian eksteriornya. Dalam hal ini, Mugen sukses menampilkan konsep hot hatch lewat sejumlah tambahan eksterior dibandingkan model biasa.

Autoindustriya pada Senin (16/1) waktu setempat melaporkan bahwa Civic Type R didukung oleh body kit lebih agresif yang menampilkan hot hatch dengan kap berbahan serat karbon, serat karbon pemisah yang terhubung ke intake tengah bumper, dan beberapa ventilasi udara fungsional. Selain itu, spakbor (fender) bagian depan didesain lebih lebar dan menonjol serta dilengkapi dengan ventilasi udara yang dirancang untuk mendinginkan sistem rem.

Baca juga: Honda tampilkan teaser All New Honda Civic Type R

Di dalam wheel wells, velg yang modis tampak dibalut dengan ban yang kelihatan lebih melekat ke velg. Potongan serat karbon menjadi terlihat lebih tegas di sisi samping karena Mugen memasang side skirt yang lebih dalam di hot hatch. Hal ini memberikan impresi tampilan Civic Type R yang lebih garang.
 
Ilustrasi Honda Civic R 2023 (Autoindustriya)


Namun, perubahan yang paling jelas dapat dilihat pada hot hatch belakang. Mugen mengganti stock wing dengan spoiler berwarna hitam yang ukurannya lebih besar. Selain itu, bumper belakang diberi diffuser baru dan menampilkan knalpot tunggal yang dipasang di tengah menggantikan desain tiga pipa biasa.

Konsep Civic Type R juga menghadirkan rem cakram yang lebih besar lengkap dengan kaliper brembo. Hal lainnya adalah posisi hot hatch yang kelihatan lebih rendah yang berarti ada kemungkinan dilakukan modifikasi pada suspensinya.

Meski varian yang diperlihatkan Mugen di Tokyo Auto Salon 2023 adalah sebuah konsep, tuning house ini rencananya ingin membuat upgrade dari konsep tersebut untuk diproduksi. Dengan permintaan yang masih tinggi terhadap All-New Civic Type R, rencana Mugen untuk menyediakan upgrade purnajual sepertinya menjadi keputusan tepat.

Baca juga: Honda pamerkan All New E: HEV pertama kalinya di dunia

Baca juga: Berikut inspirasi modifikasi Honda Civic Turbo

Baca juga: Target penjualan All New Honda Civic RS dan City dalam setahun