Pemkab Seruyan berupaya melengkapi sarana dan prasarana sentra IKM

id Pemkab Seruyan berupaya melengkapi sarana dan prasarana sentra IKM , kalteng, seruyan, umkm

Pemkab Seruyan berupaya melengkapi sarana dan prasarana sentra IKM

Pelaksana Tugas Kepala Diskoperindag Seruyan Primermen (kanan) saat diwawancarai di Kuala Pembuang, ANTARA/Radianor 

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Primermen menyebutkan bahwa beberapa sarana prasarana  harus dilengkapi sebelum Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Perikanan di Desa Sungai Undang dioperasionalkan.

“Sebelum operasional tentunya sentra IKM ini harus kita lengkapi sarana dan prasarana penunjangnya, hal tersebut dilakukan untuk memaksimalkan pengoperasiannya,” katanya di Kuala Pembuang, Minggu.

Dia mengatakan, salah satu sarana yang perlu dilengkapi adalah tempat penampungan air bersih. Hal tersebut dikarenakan dalam operasionalnya  sangat diperlukan untuk menunjang kelancaran proses produksi berbagai produk hasil perikanan di sentra ini nantinya.

Selain itu dukungan akses jalan masuk menuju sentra IKM juga sangat diperlukan untuk kelancaran akses keluar masuk kawasan industri. Dengan adanya daya dukung aksesibilitas menuju lokasi  sentra IKM dapat memberikan kemudahan akses  akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan ke depan.

“Jalan masuk sepanjang lebih kurang 150 meter  dari jalan utama, memang perlu mendapat perhatian, agar memudahkan akses memasuki kawasan sentra IKM,“ harapnya.

Baca juga: Sekda Seruyan harapkan ASN tingkatkan kedisiplinan dan pelayanan

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah ketersediaan jaringan listrik yang memadai, sehingga dapat digunakan dengan untuk menunjang operasional di sentra IKM perikanan tersebut. Maka dari itu pihaknya berencana untuk melakukan uji coba terhadap listrik yang tersedia.

Kemudian untuk mempersiapkan  di operasionalkannya sentra IKM, terlebih dahulu harus dilakukan pembekalan untuk  mengoperasionalkan seluruh peralatan yang ada.

“Sehingga ketika nantinya kita serahkan atau libatkan masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan di sentra IKM ini, semuanya sudah siap operasional, “  ungkapnya.

Dia menambahkan, pihaknya terus berupaya untuk memaksimalkan potensi di sentra IKM tersebut sehingga diharapkan bisa beroperasi di 2023, karena dampaknya untuk perekonomian masyarakat daerah sangat penting sekali. 

Baca juga: Diskoperindag Seruyan lakukan tes fungsi peralatan di sentra IKM

Baca juga: Wabup Seruyan imbau masyarakat beli produk lokal

Baca juga: Wabup Seruyan minta Disperindagkop optimalkan pemberdayaan pelaku UMKM