Antisipasi tindak kriminal, pemeliharaan PJU di Palangka Raya harus rutin

id Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Khemal Nasery, dprd Palangka Raya, Palangka Raya, kalteng, pju di palangka raya

Antisipasi tindak kriminal, pemeliharaan PJU di Palangka Raya harus rutin

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Khemal Nasery. ANTARA/M Husein Asyari

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Khemal Nasery mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah setempat, agar lebih rutin melakukan pemeliharaan terhadap penerangan jalan umum (PJU), sebagai upaya menghindari terjadinya tindakan kriminal dan kecelakaan di malam hari. 

"Saya melihat beberapa titik jalan masih terlihat gelap di malam hari, seperti di jalan Lele tembus Jalan Rajawali, mungkin itu karena lampu yang mati atau memang kurangnya penerangan," kata Khemal di Palangka Raya, Senin. 

Menurut Anggota DPRD Kota Palangka Raya ini, perlu perawatan dan pengecekan secara rutin terhadap PJU yang ada di Kota ini, dan Pemkot juga harus menganggarkan untuk pemeliharaan tersebut. 

"Tentu disayangkan apabila fasilitas kita miliki dan itu untuk kepentingan masyarakat kalau tidak berfungsi, maka perlunya dilakukan perawatan secara rutin,"ucapnya. 

Selain rawan terjadinya tindakan kriminal, Khemal mengatakan kurangnya penerangan jalan juga bisa berdampak pada terjadinya kecelakaan, apalagi lokasi tersebut memang sering dilewati pengendara. 

"Kalau kondisi PJU baik dan tanpa ada kendala, tentu itu untuk kenyamanan dan keamanan masyarakat juga," tuturnya. 

Khemal meminta agar instansi terkait terus melakukan pengecekan secara rutin, misal lampu bohlamya atau lampu yang mati agar segera diganti, dan apabila ada kerusakan untuk segera ditindak lanjuti. 

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya dorong generasi muda semakin melek politik

"Kalau ada yang rusak segera diperbaiki, jangan menunggu ada kejadian yang tidak diinginkan atau laporan baru ditindak lanjuti," tutur Politisi dari Partai Golkar tersebut. 

Selain itu menghindari terjadinya tindak kejahatan dan terjadinya kecelakaan bagi pengendara, penerang jalan juga berdampak pada mempercantik kota kita ini. 

"Bayangkan kalau kota kita ini gelap di malam hari, tentu orang beranggapan seperti kota mati, kalau kota ini terang dimalam hari tentu akan terlihat cantik dan lebih ramai," demikian Khemal.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diminta lebih aktif cegah kekerasan terhadap perempuan dan anak

Baca juga: Legislator minta masyarakat agar selalu waspada bencana kebakaran

Baca juga: Legislator dorong masjid menjadi tempat ramah anak