DPRD dorong inovasi peningkatan ekonomi kerakyatan

id DPRD dorong inovasi peningkatan ekonomikerakyatan, kalteng, Palangka raya

DPRD dorong inovasi peningkatan ekonomi kerakyatan

Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Hasan Busyairi. ANTARA/M Husein Asyari

Palangka Raya  (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mendorong pemerintah setempat untuk berinovasi dalam membantu meningkatkan ekonomi kerakyatan yang ada di daerahnya dengan terus memberikan pendampingan dan pembinaan. 

"Di Kota Palangka Raya ini banyak sektor-sektor perekonomian yang langsung dikelola oleh masyarakat, seperti sektor pariwisata yang tentu harus kita dukung untuk lebih mengembangkan dan memajukannya," ujar Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Hasan Busyairi, Senin. 

Hasan mengatakan, beberapa sektor perekonomian kerakyatan yang bisa terus dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat. Selain sektor pariwisata yakni seperti sektor budidaya perikanan lokal, sektor pertanian serta perkebunan dan UMKM. 

"Tentu kita semua harus mendorong dan mendukung laju perekonomian kerakyatan tersebut, dengan memberikan bantuan dan dukungan untuk pengembangannya, misal dengan ikut mempromosikan dan peningkatan sumber daya manusia," ucap Hasan.

Dikatakannya, sektor perekonomian kerakyatan dari pariwisata sangat potensial terus dikembangkan di Kota Palangka Raya ini, selain berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan, juga berdampak pada peningkatan perekonomian lainnya seperti UMKM, infrastruktur dan lainnya. 

Baca juga: Ketua DPRD minta pemerintah perketat pengawasan hewan kurban

"Misal banyaknya kunjungan wisatawan ke satu lokasi wisata yang ada, tentu berdampak pada pembelian suvenir, aksesoris, dan kuliner khas setempat," tuturnya. 

Dia mencontohkan di kawasan Wisata Kereng Bengkirai, banyaknya wisatawan yang berkunjung, juga berdampak pada peningkatan jasa penyewaan kapal, warung-warung dan penjual suvenir yang berada di lokasi juga menjadi ramai. 

"Selain itu, dorongan pemerintah terhadap perekonomian kerakyatan juga akan berdampak pada penurunan angka pengangguran dan kemiskinan di Kota Palangka Raya ini," ucapnya. 

Selain mampu menekan angka pengangguran dan kemiskinan, peningkatan ekonomi rakyat dinilai akan memberikan dampak yang signifikan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Legislator minta pengawasan bahan pokok di pasar jelang Idul Adha

Baca juga: UMPR resmi miliki guru besar bidang ilmu evaluasi pendidikan

Baca juga: Kirab jadi momen KPU Palangka Raya maksimalkan sosialisasi Pemilu