Kirab jadi momen KPU Palangka Raya maksimalkan sosialisasi Pemilu

id kirab pemilu,pemilu 2024,kpu,palangka raya

Kirab jadi momen KPU Palangka Raya maksimalkan sosialisasi Pemilu

Prosesi adat potong pantan saat penyerahan estafet Kirab Pemilu dari Ketua KPU Kabupaten Katingan, Subandy (kiri) ke Ketua KPU Kota Palangka Raya, Ngismatul Choiriyah (dua kanan) di Palangka Raya, Senin (12/6/2023). (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memaksimalkan momen Kirab Pemilihan Umum untuk menyosialisasikan tahapan Pemilu 2024.

"Melalui Kirab Pemilu ini kami akan memaksimalkan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait mekanisme dan tahapan serta peserta Pemilu 2024," kata Ketua KPU Kota Palangka Raya, Ngismatul Choiriyah di Palangka Raya, Senin.

Wanita berhijab itu menerangkan, diantara sasaran edukasi dan sosialisasi itu adalah masyarakat Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Kahayan, masyarakat di kawasan Pasar Besar dan tempat-tempat umum lain yang menjadi pusat kegiatan dan aktivitas bersama.

Edukasi dan sosialisasi ini dilakukan secara langsung dan ada pula yang dengan memanfaatkan media lain seperti pembagian poster, pamflet dan lain sebagainya.

Pernyataan itu diungkapkan Ngismatul usai menerima bendera sebagai kelanjutan estafet kirab dari Ketua KPU Kabupaten Katingan, Subandy di halaman Kantor KPU "Kota Cantik" Palangka Raya.

"Kirab ini dilaksanakan selama tujuh hari di wilayah Kota Palangka Raya. Rangkaian acaranya ada edukasi dan sosialisasi serta juga ada pawai," katanya.

Pelaksana tugas Staf Ahli Wali Kota Palangka Raya, Fifi Arfina menambahkan, Pemkot Palangka Raya siap mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan pemilu tahun 2024. Hal tersebut tertuang dalam amanat Undang-undang Nomor 7 tahun 2017.

“Kami siap membantu dan mendukung KPU Kota Palangka Raya. Khususnya, dalam memfasilitasi setiap tahapan Pemilu tahun 2024. Dengan berkoordinasi bersama SOPD Kota Palangka Raya, sampai dengan level terbawah tingkat kelurahan,” katanya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya opsar elpiji tiga kilogram bagi warga kurang mampu

Ketua KPU Kabupaten Katingan, Subandy mengatakan, estafet Kirab Pemilu tersebut dilaksanakan untuk memperkenalkan kepada masyarakat secara luas tahapan-tahapan pada pemilu 2024.

Untuk di Kabupaten, kata Subandy lebih banyak dilakukan di luar ruangan, terutama terfokus pada wilayah Katingan Tengah, Samba, Kecamatan Kamipang, dan Kecamatan Katingan Hilir. Kemudian, dilakukan juga sosialisasi Daftar Pemilih Tetap atau DPT.

“Saat ini sedang yang dilakukan daftar pemilih hasil perbaikan. Selain itu kita juga melakukan kunjungan-kunjungan ke tempat anak muda berkumpul. Kita melakukan pengecekan apakah mereka sudah masuk ke daftar pemilih atau belum," katanya.

Baca juga: Pemprov Kalteng gelar pasar penyeimbang hingga Kameloh Baru

Baca juga: Diskominfo Palangka Raya perkuat penerapan SPBE di seluruh OPD

Baca juga: Pemkot Palangka Raya optimalkan peran bank untuk bina UMKM

Baca juga: Selain beras lokal, harga bahan pokok di Palangka Raya cenderung stabil