Pemkot Palangka Raya optimalkan peran bank untuk bina UMKM

id Pemkot Palangka Raya optimalkan peran bank untuk bina UMKM, kalteng, Palangka raya, bank

Pemkot Palangka Raya optimalkan peran bank untuk bina UMKM

Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu (kanan) usai menandatangani kerja sama dengan pihak Bank Mandiri di kota setempat, kemarin. ANTARA/HO-ProkomPky

Palangka Raya  (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah mengoptimalkan peran bank di daerah setempat untuk membina, mendampingi dan membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) meningkatkan daya saing produk.

"Upaya optimalisasi ini salah satunya kami lakukan dengan melakukan kerja sama dengan pihak bank, dalam hal ini Mandiri. Tujuannya untuk memaksimalkan pemanfaatan produk dan jasa perbankan," kata Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Minggu.

Kerja sama itu juga telah dikukuhkan dengan penandatangan yang dilakukan antara Pemerintah "Kota Cantik" Palangka Raya dengan Bank Mandiri Area Palangka Raya.

Wanita berhijab itu mengatakan, Bank Mandiri yang juga merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki peran penting dalam menunjang perekonomian daerah, termasuk dalam pengembangan usaha masyarakat.

Sebagai salah salah satu lembaga usaha, bank memiliki program tanggung jawab sosial lingkungan yang dapat dimanfaatkan masyarakat dalam mendukung peningkatan perekonomian dan kesejahteraan.

Baca juga: Selain beras lokal, harga bahan pokok di Palangka Raya cenderung stabil

Selain itu, perbankan yang juga mendapat amanah menyalurkan kredit bagi usaha rakyat dengan bunga rendah harus bisa dimanfaatkan secara maksimal.

"Untuk itu, melalui kerja sama ini, berbagai produk dan jasa perbankan akan kita maksimalkan pemanfaatannya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Bank dengan kemampuan pembiayaan yang ada, dapat membantu masyarakat terutama pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah dalam menambah modal usaha, membantu sarana dan prasarana pelaku usaha, mendampingi pengembangan usaha dengan menjadikan binaan atau pun membantu perluasan jangkauan pemasaran produk.

"Dengan berbagai program tersebut, maka kapasitas dan kualitas produk serta daya saing usaha pun meningkat. Jaringan perbankan termasuk Bank Mandiri yang luas juga menjadi salah satu potensi pemasaran produk UMKM," kata Hera.

Selain itu, bank juga memainkan peran penting dalam membantu pemerintah di dalam menggali serta memanfaatkan sumber daya potensial daerah.

"Melalui jalinan kerja sama ini, kami juga berharap, daya saing dan perekonomian daerah semakin meningkat. Caranya dengan memanfaatkan sumber-sumber daya lokal secara sinergis dan meningkatkan kerjasama antar lembaga," katanya.

Baca juga: Palangka Raya tingkatkan pengawasan kesehatan sapi jelang Idul Adha

Baca juga: Bawaslu Palangka Raya tingkatkan pengawasan partisipatif pemilu

Baca juga: Pemkot Palangka Raya perkuat kualitas PPID dalam pengelolaan informasi