DPRD minta Pemkot Palangka Raya permudah akses permodalan UMKM

id Dprd palangka raya, Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Subandi, umkm palangka raya, permodalan palangka raya, palangkaraya, perbankan, kur, kredit usaha

DPRD minta Pemkot Palangka Raya permudah akses permodalan UMKM

Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Subandi. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah meminta pemerintah kota setempat membantu mempermudah akses permodalan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk bisa meningkatkan produktivitas. 

"Pemkot harus terus berkomitmen terhadap pelaku UMKM, salah satunya dengan mempermudah dalam permodalan melalui penyaluran program Kredit Usaha Rakyat (KUR) di perbankan," ujar Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Subandi, Sabtu. 

Subandi mengatakan, perlunya penguatan akses permodalan sebagai upaya mendukung UMKM naik kelas, sekaligus pemulihan ekonomi pasca pandemi yang terjadi beberapa tahun lalu. 

"Banyak keluhan dari pelaku UMKM yakni masalah permodalan, dan itu merupakan permasalah mendasar dalam pengembangan produksi, di sinilah peran pemerintah," ucapnya.

Baca juga: 52 peserta lulus CAT calon anggota KPU tiga kabupaten di Kalteng

Dia menjelaskan, kehadiran perbankan bertujuan untuk mendukung pelaku UMKM yang mempunyai usaha prospektif, agar dapat mengakses pembiayaan melalui berbagai program yang ada, dan tentu dengan bunga murah dan terjangkau.

"Salah satunya kendala yang sulit diatasi oleh pelaku UMKM adalah kesulitan mendapatkan akses permodalan," kata politisi dari Partai Golkar tersebut. 

Subandi berharap pemerintah bisa mempermudah para pelaku UMKM untuk mendapat akses ke perbankan maupun non perbankan dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi dalam permodalan.

"Perbankan memang mendapat tugas atau amanah untuk menyalurkan kredit bagi usaha rakyat dengan bunga rendah, maka dengan itu harus bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM," terang ketua komisi yang membidangi pemerintahan dan keuangan tersebut.

Sebelumnya Pemerintah Kota Palangka Raya terus mengoptimalkan peran bank daerah setempat untuk membina, mendampingi dan membantu para pelaku UMKM.

"Pemkot terus mengoptimalisasi peran bank sebagai upaya memaksimalkan pemanfaatan produk dan jasa perbankan untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Sekertaris Daerah Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu. 

Baca juga: KPU Palangka Raya libatkan parpol sosialisasi pemilu melalui kirab

Baca juga: Akhmad Munir tegaskan siap jadi calon Ketum PWI Pusat

Baca juga: Perceraian di Palangka selama tahun 2023 mencapai 208 kasus