600 peserta ikuti Temu Pembina IV TKK MNPK 2023 di Palangka Raya

id Pramuka, temu pembina tkk mnpk, Kepramukaan Majelis Nasional Pendidikan Katolik, pramuka katolik, katolik, keuskupan, nyaru menteng, palangkaraya, kal

600 peserta ikuti Temu Pembina IV TKK MNPK 2023 di Palangka Raya

Pembukaan Temu Pembina IV TKK MNPK 2023 di Bumi Perkemahan Nyaru Menteng, Palangka Raya, Senin, (26/6/2023). (ANTARA/M Husein Asyari)

Palangka Raya (ANTARA) - 600 peserta dari 20 keuskupan se-Indonesia mengikuti Temu Pembina IV Tim Kerja Kepramukaan Majelis Nasional Pendidikan Katolik 2023 yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin. 

Pada Temu Pembina IV TKK MNPK 2023, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Budi Waseso mengajak seluruh Praja Muda Karana (Pramuka) agar bisa menjaga keharmonisan dan persatuan di Indonesia. 

"Kita sebagai kaka pembina, harus bisa menumbuhkan rasa toleransi yang tinggi dengan menerima segala keberagaman suku, agama, dan ras yang ada di Indonesia ini," kata Ketua Kwarnas yang disampaikan Sekertaris Jenderal (Sekjend) Kwarnas Mayjen TNI (Purn) Bachtiar. 

Dia mengatakan, Pramuka sebagai wadah untuk mempersiapkan kaum muda agar memiliki hidup mandiri dan saling menjaga tali persaudaraan serta persatuan meski berbeda. 

"Ini sesuai dengan semboyan bangsa kita, yakni Bhinneka Tunggal Ika," ucapnya.

Baca juga: Berikut rumah sakit rujukan yang dimiliki Kalimantan Tengah

Dijelaskannya, semboyan negara yang tertulis pada lambang negara Indonesia yakni Burung Garuda tersebut menggambarkan kondisi tanah air yang mempunyai banyak keragaman budaya, namun tetap menjadi satu bangsa.

"Saya juga meminta, dengan terus berkembangnya teknologi, kita jangan mudah terhasut dengan isu-isu yang bisa berakibat perpecahan," ucapnya. 

Kegiatan pembukaan TB-IV TKK-MNPK yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Nyaru Menteng tersebut dilaksanakan selama sepekan sejak 25 Juni hingga 2 Juli. Kegiatan ini diawali dengan parade Nusantara dari masing-masing kontingen keuskupan. 

Ketua Pelaksana Heroninus Dwi mengatakan Kegiatan TB-IV TKK-MNPK dilaksanakan dengan tujuan untuk menjalin persahabatan dan persaudaraan antar pembina Pramuka di sekolah Katolik se-Indonesia.

"Selain itu untuk meningkatkan kualitas kepembinaan dalam kepramukaan," tuturnya.

Baca juga: Gerakan Pangan Murah Kalteng bantu penuhi kebutuhan warga jelang Idul Adha

Baca juga: Kejurnas Gubernur Cup Voli berakhir, Kalteng siap laksanakan agenda skala nasional selanjutnya

Baca juga: Gubernur Kalteng: Kejurnas voli bantu UMKM perluas jangkauan pasar