Gubernur Kalteng: Kejurnas voli bantu UMKM perluas jangkauan pasar

id Pemprov kalteng, gubernur kalteng, sugianto sabran, kejurnas bola voli kalteng, kejuaraan nasional, bola voli, olahraga, umkm, bisnis, pelaku usaha, p

Gubernur Kalteng: Kejurnas voli bantu UMKM perluas jangkauan pasar

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran meninjau salah satu lapak pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam Kejurnas Gubernur Cup Bola Voli Kalteng di Palangka Raya, (23/6/2023). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan, Kejuaraan Nasional Gubernur Cup Bola Voli Antar Klub se-Indonesia di Kota Palangka Raya turut berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah, dengan membantu sektor UMKM memperluas jangkauan pasar.

"Kejuaraan nasional voli ini merupakan bukti nyata olahraga mampu menjadi penghubung yang kuat antara masyarakat, sekaligus menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi daerah," tegasnya di Palangka Raya, Sabtu.

Dia mengatakan, kejurnas yang dilaksanakan sejak 18-25 Juni 2023 di areal Gor Indoor Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya menyediakan tempat khusus bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk berjualan.

"Sehingga agenda olahraga berskala nasional ini juga memberi kesempatan bagi UMKM lokal untuk meningkatkan maupun memperluas jangkauan bisnis mereka," terangnya.

Sugianto pun mengapresiasi semangat para pelaku UMKM di Kalimantan Tengah, terutama yang berpartisipasi dalam kejurnas voli tersebut. Berbagai produk menarik yang penuh kreativitas dan inovasi dapat ditemui di sana, sehingga juga menggambarkan keanekaragaman budaya maupun keindahan daerah.

"Pemprov Kalteng berkomitmen untuk terus memberi berbagai program dan kebijakan yang mendukung pengembangan sektor UMKM, seperti akses pembiayaan yang lebih mudah, pelatihan keterampilan, maupun dukungan promosi dan pemasaran," jelas Sugianto Sabran.

Baca juga: Bulog-Pemprov Kalteng gencarkan pendistribusian beras SPHP jaga stabilisasi harga

Sementara itu, sejak awal hingga saat ini kejurnas yang masih berlangsung tersebut, selalu dipadati masyarakat yang tampak antusias menyaksikan berbagai klub bola voli bertanding, baik yang berasal dari dalam daerah maupun berbagai provinsi lain.

Kejurnas Gubernur Cup Bola Voli ini diikuti sebanyak 18 tim atau klub bola voli, terdiri dari 12 tim putra dan 6 tim putri dengan sistem pertandingan setengah kompetisi atau grup. Kejuaraan ini memperebutkan Piala Gubernur Cup Kalteng dengan total hadiah mencapai hingga Rp580 juta.

Ketua panitia pelaksana, Adi Nur Fajar mengatakan, untuk kategori putra dibagi dalam empat grup yang masing-masing diisi tiga tim dan kemudian pada babak kedua diisi juara grup dan terbaik kedua untuk bermain dengan sistem gugur.

Untuk kategori putri dibagi dua grup yang masing-masing diisi tiga tim. Juara grup menunggu di empat besar, sedangkan tim di posisi kedua dan ketiga akan bermain lagi untuk menentukan yang berhak melaju di babak selanjutnya.

Adapun 18 tim yang berpartisipasi, yakni untuk putra adalah Argasela, Karang Taruna Kobar, Bhayangka Polda Kalteng, Samator Surabaya, Sylva MWL Ciamis, DKI Jakarta, Sylva Kalteng, Bina Putra Sukma, Wilmar, JVC Jakarta, Handep Hapakat, serta MVC Kotim. Sedangkan untuk putri adalah PUPR Kalteng, DKI Jakarta, Pra Pon Kalsel, Sylva Sukabumi, BHS 73 Kalteng, serta TNI AL.

Baca juga: Pemprov Kalteng percepat pembangunan sanitasi permukiman optimalkan layanan masyarakat

Baca juga: Gubernur Kalteng raih penghargaan K3 dari Kemnaker

Baca juga: Kalimantan Tengah bersiap jadi penyangga IKN