KPN diharap tingkatkan pengetahuan Pembina Pramuka Gumas

id Pemkab gunung mas, pramuka gunung mas, bupati gunung mas, jaya s monong, 12 pembina pramuka gunung mas, kpn, Karang Pamitran Nasional, kuala kurun, gu

KPN diharap tingkatkan pengetahuan Pembina Pramuka Gumas

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong menyerahkan pataka Pramuka kepada pimpinan kontingen Roy Veronica saat pelepasan kontingen di Kuala Kurun, (27/6/2023). (ANTARA/HO-Pramuka Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong melepas Pembina Pramuka kabupaten setempat untuk mengikuti Karang Pamitran Nasional (KPN) yang rencananya dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta, 3-8 Juli 2023.

Dengan mengikuti KPN diharap pengetahuan, pengalaman dan kepemimpinan Pembina Pramuka Gunung Mas semakin meningkat, ucapnya di Kuala Kurun, Kamis.

“Saya juga berharap KPN akan mempererat hubungan kekeluargaan dan persaudaraan peserta yang nantinya mengikuti kegiatan tersebut,” sambung orang nomor satu di lingkup Pemkab Gunung Mas ini.

Bermodal pengetahuan, pengalaman dan kepemimpinan yang meningkat, diharap pembina dapat menambah mutu pendidikan kepramukaan di gugus depan dan satuannya, serta meningkatkan pengabdian dan tanggung jawab yang tinggi.

Pembina memiliki peran penting dalam membentuk karakter generasi muda, karena mereka yang berhubungan langsung dengan peserta didik, mulai dari golongan siaga, penggalang, penegak dan pandega sebagai generasi penerus bangsa.

“Seperti kita ketahui bersama, tujuan Gerakan Pramuka adalah menciptakan pemuda berkebangsaan, berkecakapan dan berkarakter. Proses pembentukan karakter kaum muda harus dilakukan dengan pendidikan kepramukaan yang berkesinambungan dan terarah,” jelasnya.

Baca juga: Pemkab Gunung Mas salurkan 26 ekor sapi kurban

Pemkab Gunung Mas sendiri memberi perhatian serius terhadap peningkatan sumber daya manusia (SDM) masyarakat, khususnya generasi muda. Hal itu tercermin melalui salah satu program unggulan kepala daerah yakni smart human resources atau SDM yang berkualitas.

Oleh sebab itu, Jaya yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Gunung Mas menyambut baik keikutsertaan pembina Pramuka dari daerah setempat, pada kegiatan KPN.

Sementara itu, Pimpinan Kontingen Roy Veronica mengatakan, Pramuka Gunung Mas mengirimkan 12 orang pembina untuk mengikuti KPN 2023. Adapun rinciannya tujuh orang pembina putra dan lima orang pembina putri.


Baca juga: Bupati Gunung Mas serahkan SK kepada 427 PPPK

Baca juga: Pemkab perkuat peran pokjanal demi pengembangan posyandu di Gumas

Baca juga: Gerakan Merah Putih diharap pupuk nasionalisme masyarakat Gunung Mas