Pemkab Gunung Mas salurkan 26 ekor sapi kurban

id Pemkab gunung mas, bupati gunung mas, jaya s monong, sapi kurban gunung mas, idul adha, hari raya kurban, kuala kurun, gumas, gunung mas

Pemkab Gunung Mas salurkan 26 ekor sapi kurban

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong menyalurkan bantuan sapi kurban secara simbolis kepada Ketua DPI kabupaten HM Rusdi di Kuala Kurun, Rabu (28/6/2023). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong mengatakan pemerintah kabupaten menyalurkan 26 ekor sapi kurban ke sejumlah kecamatan di wilayah setempat, dalam rangka perayaan Idul Adha 1444 Hijriah.

“Pemkab menyalurkan bantuan berupa dana hibah kepada Dewan Masjid Indonesia (DMI) Gunung Mas, untuk pembelian hewan kurban,” ucapnya usai menyalurkan sapi kurban secara simbolis di Kuala Kurun, Rabu.

Dia menyebut, nantinya sapi kurban tadi akan disalurkan oleh DMI Gunung Mas kepada pengurus masjid di kecamatan-kecamatan, untuk selanjutnya diteruskan lagi kepada mereka yang layak menerima.

Panitia diminta benar-benar memastikan hewan kurban dibagikan kepada mereka yang berhak menerima, seperti fakir miskin, para janda atau duda, anak yatim, dan kaum duafa.

Dengan adanya bantuan sapi kurban ini maka diharap ke depan tali silaturahmi antara pemkab dengan masyarakat khususnya umat Islam di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ dapat selalu terjaga.

Menurut dia, hewan kurban yang diserahkan ini merupakan bentuk rasa syukur atas limpahan berkat dan karunia yang telah diberikan Tuhan kepada seluruh pihak yang ada di Gunung Mas.

Baca juga: Bupati Gunung Mas serahkan SK kepada 427 PPPK

Orang nomor satu di lingkup Pemkab Gunung Mas ini berharap bantuan hewan kurban dapat menambah hikmah Idul Adha, sehingga ke depan masyarakat di daerah setempat akan semakin maju dan sejahtera.

“Jangan memandang nilai bantuan, tetapi ambil hikmahnya. Bantuan hewan kurban ini tujuannya adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” kata Jaya.

Sementara itu, Ketua DMI Gunung Mas HM Rusdi menyampaikan, jumlah sapi kurban yang disalurkan kali ini meningkat jika dibandingkan Idul Adha 1443 H. Saat Idul Adha 1443 H, pemkab menyalurkan 21 sapi kurban dan saat ini meningkat menjadi 26 ekor sapi kurban.  


Baca juga: Pemkab perkuat peran pokjanal demi pengembangan posyandu di Gumas

Baca juga: Gerakan Merah Putih diharap pupuk nasionalisme masyarakat Gunung Mas

Baca juga: Legislator Gumas ingin program pemberdayaan perempuan ditingkatkan